Skimming & Scanning: Teknik Membaca Secara Efektif

by on

Hai, Learners! Kalian merasa masih kesulitan mengerjakan soal reading Bahasa Inggris yang berbentuk artikel? Mungkin teknik membaca berikut ini bisa kalian terapkan. Pernah dengar metode skimming dan scanning?

Teknik skimming dan scanning merupakan teknik memindai bacaan. Berfungsi untuk menemukan informasi dalam bacaan yang panjang dalam waktu yang singkat, teknik ini sangat cocok diterapkan untuk mengerjakan soal reading dalam waktu yang terbatas seperti saat ujian.

 

 

SKIMMING

Selain itu, teknik ini juga bisa meningkatkan kemampuan membaca kalian. Teknik ini tidak hanya bisa diterapkan pada saat membaca bacaan panjang dalam Bahasa Inggris, tetapi juga bacaan-bacaan dalam bahasa lain. Meski memiliki kemiripan dalam prosesnya, kedua teknik ini mempunyai perbedaan dalam tujuannya.

Skimming

What is the main idea of the previous text? Kalian sering menjumpai tipe soal seperti ini kan? Jika menjumpai soal seperti ini, kalian bisa menggunakan teknik skimming.

Skimming merupakan teknik membaca dengan memindai yang untuk menemukan gagasan utama atau garis besar dari keseluruhan bacaan. Jadi saat membaca menggunakan teknik ini, kalian akan lebih mudah mendapatkan gambaran mengenai apa isi dari bacaan yang sedang kalian baca.

Karena yang kalian cari adalah gagasan utama, kalian bisa mengabaikan detail dari bacaan yang sedang kalian baca jika kalian menggunakan teknik ini kecuali jika memang dibutuhkan.

Cara membaca dengan menggunakan teknik ini adalah sebagai berikut:

  1. Baca judul bacaan terlebih dahulu karena, sering kali, judul merupakan rangkuman tersingkat dari sebuah bacaan.
  2. Baca keseluruhan paragraf pembuka. Tujuan dari paragraf pembuka adalah untuk memperkenalkan pembaca kepada topik dari bacaan. Topik utama dari bacaan biasanya terletak di bagian akhir dari paragraf pembuka. Akan tetapi tidak ada salahnya membaca keseluruhan paragraf agar mendapat gambaran yang lebih jelas.
  3. Jika ada sub-headings, baca satu persatu dan cobalah untuk menarik hubungan antar sub-headings
  4. Kebanyakan paragraf mempunyai ide utama di awal paragraf. Untuk itu kalian cukup membaca kalimat pertama atau kedua dari setiap paragraf setelah paragraf pembuka. Meskipun begitu, perlu diingat bahwa tidak semua paragraf mempunyai gagasan pokok di awal paragraf. Karena itu, jika kalian tidak menemukan ide utama suatu paragraf di awal, tidak ada salahnya mencari di kalimat-kalimat terakhir ataupun di tengah.
  5. Baca paragraf kesimpulan secara menyeluruh karena pada dasarnya paragraf kesimpulan telah merangkum keseluruhan isi bacaan.

Scanning

Berbeda dengan skimming yang bertujuan untuk mencari gagasan utama dari sebuah bacaan, teknik membaca scanning bertujuan untuk menemukan informasi yang lebih spesifik dari sebuah bacaan panjang.

Jadi misalnya kalian menjemukan soal seperti “According to the previous text, where did the writer live before he moved to Berlin?” maka kalian hanya perlu mencari kata kunci yang telah ada dalam soal tersebut, yang kurang lebih adalah lived in, move, before dan Berlin.

Cara membaca menggunakan teknik ini adalah:

  1. Pikirkan kata kunci yang akan kalian cari seperti contoh di atas. Begitu kalian menentukan kata kunci, akan lebih mudah bagi kalian untuk mencari informasi tersebut.
  2. Be flexible dan jangan terlalu terpaku paka kata kunci. Maksudnya, jika kata kunci kalian berbentuk noun, jangan serta merta mencari kata itu dalam bentuk noun, bisa saja kata itu muncul dalam bentuk adjective atau bentuk yang lain.
  3. Analisis bacaan terlebih dahulu. Jika bacaan tidak terlalu panjang, akan mudah untuk menemukan informasi yang dibutuhkan. Namun, jika bacaan terlalu panjang, ada baiknya melakukan skimming terlebih dahulu.
  4. Bebeda dengan skimming yang hanya perlu membaca beberapa bagian dari bacaan, untuk scanning kalian perlu memlihat setiap baris dari bacaan. On the bright side, kalian tidak perlu mencerna kata-kata dan kalimat yang kalian lihat sampai kalian menemukan kata kunci yang dicari.
  5. Jika sudah menemukan kata kunci yang dicari, baca keseluruhan kalimatnya.

giphy

Nah, dari penjelasan diatas sudah tahu kan perbedaan di antara keduanya? Jika kalian ingin memahami suatu bacaan tanpa membuang banyak waktu, lakukanlah skimming. Akan tetapi jika kalian hanya ingin menemukan informasi spesifik seperti nama, tanggal dan sebagainya, gunakan teknik scanning. Semoga bermanfaat ya! 🙂

 

You may also like

2 Comments
  1. Ali Imran 3 years ago

    Great effort to success score IELTS

    • Alyssa Ibrati 2 years ago

      Halo, terima kasih sudah berkunjung dan memberikan feedback di blog kami. Jangan lupa share dan unduh aplikasi kami di AppStore: bit.ly/BahasoApp
      dan PlayStore: bit.ly/BahasoAndroid

Comments are closed.