Pengunaan kata i.e. dan e.g.

by on

UsageSlide1Apa sih e.g. dan i.e.? E.g. dan i.e. merupakan dua kata singakatan dari bahasa latin. I.e. merupakan singkatan dari id est, yang artinya kurang lebih sama dengan “in other words” atau dalam bahasa Indonesia-nya “dengan kata lain”. Sedangkan e.g. merupakan singkatan dari exempli gratia yang berarti “for example” atau “sebagai contoh”. Agar lebih mudah mengingat arti dari keduanya, para penutur Bahasa Inggris biasanya mengaitkan huruf “i” dalam i.e. dengan huruf “i” dalam “in other words”. Untuk e.g., para penutur asli lebih suka mengaitkan huruf “e” dengan “example given”.

Contoh penggunaan e.g. dalam kalimat:

My uncle has an antique store that sells antique stuffs, e.g., typewriters, radios and Victorian telephones.

Pada kalimat di atas, typewriters, radios dan victorian telephones diberikan untuk memberikan contoh dari antique stuffs yang di jual oleh paman si pembicara.

Contoh penggunaan i.e. dalam kalimat:

Inuit are a group of nomadic people, i.e., they keep moving from one place to another.

Kalimat setelah i.e. pada kalimat diatas memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai kata nomadic pada klausa sebelumya.

Jadi sudah jelas kan penggunaan dari keduanya? E.g. digunakan untuk memberikan contoh dari ide atau gagasan yang diungkapkan sebelumnya, sedangkan i.e. digunakan untuk memberikan klarifikasi atau penjelasan lebih lanjut.

Perlu diperhatikan juga dalam penulisannya e.g. dan i.e. harus dimiringkan. Sebelumnya penulisan singkatan tersebut, keduanya biasanya didahului dengan tanda baca koma (“,”), begitu juga setelahnya.

Referensi:

http://www.quickanddirtytips.com/education/grammar/ie-versus-eg

visit our website:
Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
FB: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso

You may also like