Mengenal Infinitives (INF)

by on

Hai Learners! Kamu sudah tau belum apa itu infinitives? Kita lihat dulu yuk bagaimana contoh bentuk infinitive itu.

Dari gambar tersebut, dapat disimpulkan bahwa sederhananya, infinitives atau infinitive verbs dapat dimengerti sebagai bentuk kata kerja dasar atau base verbs yang ditambahi dengan kata “to“. Infinitives dapat berperan sebagai kata benda (nouns), kata sifat (adjectives) atau kata keterangan (adverbs), namun infinitives tidak bisa digunakan sebagai kata kerja utama dalam sebuah kalimat. Perhatikan contoh berikut ini:

correct: She went to swim.

incorrect: She to swim.

dalam kalimat She went to swim yang menjadi kata kerja utama adalah went sedangkan to swim merupakan object dalam kalimat tersebut. Karena infinitives tidak bisa digunakan sebagai kata kerja utama dalam suatu kalimat, maka infinitives tidak dapat diimbuhi dengan imbuhan seperti -s/-es, -ed, ataupun -ing.

correct: to swim; to eat; to travel.

incorrect: to swims; to eating; to traveled.

Semua infinitives berbentuk to + base verb. Meskipun begitu, mungkin kamu akan menemukan kalimat yang mengandung “to” diikuti oleh kata kerja berbentuk -ing seperti di bawah ini:

The dog started from walking to running wildly.

Meskipun terdapat kata yang didahului dengan to (running), pasangan kata tersebut tidak bisa disebut dengan infinite verb, karena “to” dalam kalimat tersebut merupakan preposition.

 

Infinitive verbs digunakan sebagai kata benda (nouns) yang bisa berperan sebagai sebuah subjek maupun objek dari suatu kalimat.

Contoh:

 

dalam kalimat-kalimat tersebut infinitives “to dance” dan “to perform” berfungsi sebagai kata benda (nouns) karena menjadi object dan subject kalimat.

Infinitives juga bisa berfungsi untuk menerangkan kata benda (adjectives) maupun menerangkan kata kerja (adverbs) yang muncul sesudah kata benda atau kata kerja yang diterangkan. Contoh:

infinitive “to read” dalam kalimat di atas berfungsi untuk menerangkan fungsi dari kata benda sebelumnya yaitu “a book“, karena itu “to read” berfungsi sebagai adjective.

Pada umumnya infinitives diawali dengan to. Meskipun begitu, terdapat pengecualian untuk kata-kata kerja tertentu. Kata kerja khusus tersebut ialah  hear, see, feel, help, let, make, see dan watchUntuk kata kerja tersebut bentuk kata kerja dalam kalimatnya menjadi:

Perhatikan bahwa dalam kalimat I saw Maria leave her house angrily, kata kerja leave tidak mengalami perubahan (tidak menjadi leaves). Leave dalam kalimat tersebut sebenarnya merupakan infinitive verb (to leave) yang mengalami pengurangan “to” dikarenakan adanya salah satu kata kerja khusus, yaitu saw. Begitu pun kalimat-kalimat selanjutnya.

Perubahan infinitive verbs tersebut juga akan terjadi jika di dalam kalimat tersebut terdapat modals (shall, will, can, may, must dll). Sebagai contoh:

Perhatikan bahwa kata have juga tidak mengalami perubahan. Dalam kasus-kasus di atas, kata kerja yang tidak mengalami perubahan atau diawali dengan “to” tersebut disebut dengan bare infinitives.

 

 

 

 

Sumber:

http://www.chompchomp.com/terms/infinitive.htm

http://www.grammar-monster.com/glossary/infinitive_form.htm

visit our website:
Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
FB: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso

You may also like