Membuat Paragraf dalam Bahasa Inggris

by on

Hai Learners! Kamu sudah tahu bagaimana cara membuat paragraf dalam bahasa Inggris yang baik dan benar? Kalau belum, post ini sangat pas buat kamu karena kita akan membahas tentang unsur yang wajib ada saat membuat paragraf dalam bahasa Inggris.

Kamu sudah tahu apa itu paragraf kan? Kita refresh otak dulu yuk! Jadi paragraf atau yang dalam bahasa inggris ditulis paragraph adalah sekumpulan kalimat yang disatukan untuk membahas suatu topik tertentu. Ada tiga unsur utama yang harus ada dalam suatu paragraf. Apa saja kah unsur tersebur?

  • Topic

Saat membuat sebuah paragraph, tentu saja kita perlu menentukan satu topic terlebih dahulu. Topic merupakan penentu apa yang akan kita bicarakan dalam paragraph. Karena sifatnya yang lebih general atau umum, topic bisa berupa beberapa kata saja. Contohnya ketika kamu memutuskan untuk membahas tentang merokok, maka topic dari tulisanmu adalah ‘merokok’. Untuk selanjutnya kamu perlu menentukan topic sentence atau kalimat topik. Apa itu topic sentence? Kita lihat definisinya di bawah yuk!

  • Topic Sentence

Topic sentence merupakan satu kalimat yang mengandung topic dan ide pokok dari paragraph. Dalam bahasa Indonesia, topic sentence lebih dikenal sebagai gagasan utama atau ide pokok. Topic sentence harus lebih spesifik dari topic. Misal, topic kamu adalah rokok. Banyak hal yang bisa dibicarakan  mengenai rokok seperti bahaya merokok, keuntungan pabrik rokok, budaya merokok di kalangan remaja, dan sebagainya. Kemudian yang harus kamu lakukan adalah  menentukan salah satu dari banyak hal tersebut untuk dibahas dalam tulisanmu. Setelah itu baru kamu bisa membuat sebuah topic sentence.

  • Supporting details

Setelah kamu membuat suatu kalimat topic, kamu memerlukan beberapa kalimat untuk menjelaskan dan mendukung kalimat topik kamu. Kalimat pendukung itu disebut dengan supporting details. Jika kamu ingin membahas tentang bahaya merokok, misalnya, maka kamu dapat menjelaskan mengapa merokok itu berbahaya dalam supporting details. Jika dibuat dalam sebuat outline maka struktur paragraph kamu akan menjadi seperti ini:

Presentation2

 

 

visit our website:
Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
FB: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso

 

 

 

You may also like

2 Comments
  1. Christin Gea 3 years ago

    Blognya bener-bener bagus, membangun dan kalimat yang digunakan sederhana banget jadi mudah dipahami. Thanks ya….. 🙂

    • Devi R. Pratiwi 3 years ago

      Halo, terima kasih sudah berkunjung dan memberikan feedback di blog kami.Jangan lupa share dan unduh aplikasi kami di AppStore: bit.ly/BahasoApp
      dan PlayStore: bit.ly/BahasoAndroid :))

Comments are closed.