Indonesia memiliki banyak sekali kata serapan dari berbagai bahasa tak terkecuali bahasa Inggris. Tapi beberapa kata serapan itu ternyata terdapat kesalahan dalam penggunannya. Mau tahu apa saja? Berikut adalah beberapa contoh kesalahan penggunaan kata serapan dari bahas inggris yang sering sekali diucapkan.

Artis

Kata artis merupakan kata serapan dari  bahasa inggris ‘artist’. Di Indonesia kata artis merujuk kepada orang-orang yang terkenal dan sering muncul di layar kaca. Tak jarang kita melihat nama mereka dengan imbuhan kata artis di bawahnya. Padahal pemakaian kata artis dalam konteks tersebut dinilai kurang tepat karena artist dalam bahasa inggris berarti ‘seniman’. Seniman sendiri menurut KBBI adalah ‘orang yang mempunyai bakat seni dan berhasil menciptakan dan menggelarkan karya seni’. Jadi kurang tepat kalau kata ini digunakan untuk menyebut orang-orang terkenal di TV karena tidak semua orang yang terkenal di TV merupakan seniman.

Busway

Busway berasal dari frasa bus way merupakan sebutan untuk jalan khusus yang dilalui bus. Di Jakarta dan sekitarnya, busway disediakan khusus untuk dilalui bus Transjakarta. Tapi mungkin karena terlalu panjang, orang-orang jadi menggunakan kata ‘busway’ untuk menyebutkan alat transportasi yang mereka gunakan. Keseringan orang bilang “Aku naik busway”, padahal jika diartikan secara harfiah, mereka bilang mereka menaiki ‘jalurnya bus’.

Absen

“Aku titip absen dong!”

Anak kuliah jangan sekali-kali mengucapkan kalimat ini ya! Karena selain pasti dimarahi dosen kalau ketahuan, kalimat itu juga salah kaprah. Absen merupakan kata serapan dari kata ‘absence’ yang artinya ‘ketidak hadiran’. Jadi kalau kamu titip absen sama temanmu, itu berarti kamu minta agar temanmu tidak menuliskan namamu dalam daftar hadir, atau kamu dianggap bolos. Karena itu gunakanlah kata yang tepat yang untuk menyampaikan maksudmu. Dalam kasus ini, kata yang kamu cari adalah ‘presensi’.

166qah

Feminim

Kenapa kata feminim itu salah? Karena feminism itu adalah kata serapan dari kata ‘feminine’. Penggunaannya dalam bahasa Indonesia hanya cukup dengan menghilangkan huruf ‘e’ dibelakangnya menjadi feminin.

166qf3

visit our website:
Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
FB: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso

Ayo Download dan
Tes Kemampuan Bahasa Kamu di BAHASO!


visit our website:
bahaso.com

Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
PlayStore: bit.ly/BahasoAndroid

Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
LINE@: (@bahaso) http://bit.ly/BahasoLINE
Facebook: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso
Blog: blog.bahaso.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here