1. Pelajari Sinonim

Sinonim adalah persamaan makna kata dari dua kata atau lebih. Pengetahuan mengenai sinonim sangat penting dan dibutuhkan dalah tes Reading IELTS. Pada bagian Reading, kita akan menemukan teks atau beberapa paragraf yang harus kita baca sebelum mengerjakan soal. Ketika SMA kita seringkali mencari kata kunci dari soal dan mencarinya di teks untuk dengan cepat menemukan jawaban. Namun, dalam tes IELTS, yang digunakan biasanya adalah sinonim sehingga apa yang tertulis di teks berbeda dengan apa yang tertulis di soal. Oleh karena itu, kita harus memahami makna katanya.

2. Perhatikan kata-kata negatif

Perhatikan kata-kata keterangan negatif seperti hardly, seldom, never, rarely, etc. Soal IELTS tak semuanya adalah pilihan ganda, ada beberapa bagian soal dengan tipe TRUE, FALSE or NOT GIVEN atau YES, NO or NOT GIVEN. Tips ini berlaku untuk tipe soal seperti itu. Waktu memang sangat berharga dalam tes IELTS, tapi jangan sampai kata-kata negatif ini membuat kamu salah memilih jawaban. Bisa jadi ketika sekilas dibaca kalimat itu TRUE, walaupun sebenarnya FALSE (karena ada salah satu kata negatif tersebut).

3. Perhatikan kata-kata frekuensi

Perhatikan kata-kata keterangan frekuensi seperti always, often, sometimes, never. Alasannya kurang lebih sama dengan nomer 2. Misalnya, Sun often sets in the west (Matahari sering terbenam di barat). Dan, kamu disuruh memilih TRUE atau FALSE. Kata-kata frekuensi ini menentukan jawaban sesungguhnya. Matahari selalu terbenam di barat. Maka, jawabannya adalah FALSE.  Soal-soal IELTS memang seringkali menjebak. Kamu harus hati-hati dan cermat.

4. Yakin pada Pilihan Pertama

Berlakulah cermat dalam mengerjakan soal per soal. Jangan kembali lagi ke soal sebelumnya kalau kamu sudah selesai menjawab. Hal ini sering terjadi dan malah menghabiskan waktumu untuk berpikir padahal masih banyak soal lain yang perlu kamu kerjakan. Ikutilah instingmu yang pertama. Jika masih ada waktu kamu boleh mengecek kembali untuk melihat apakah ada soal yang terlewat belum dijawab.

5. Pertanyaan biasanya mengikuti urutan teks

Ini memang tidak mutlak. Namun, seringkali terjadi. Biasanya pertanyaan (untuk bagian Reading) mengikuti urutan teks sehingga jika pertanyaan nomer 2 jawabannya ada di paragraf 3, maka besar kemungkinan soal nomer 1 jawabannya ada di paragraf 2.

6. Ketahui ide pokoknya

Tips ini terutama berlaku bagi  tipe soal Paragraph Heading and Matching. Temukan kalimat utama sebuah teks. Jika kamu mengetahui letak kalimat utamanya, maka ketika membaca secara keseluruhan kamu memiliki gambaran yang lebih jelas mengenai ide pokok teks, dan ini memudahkan dan menghemat waktu ketika kamu menjawab soal.

Referensi:

Youtube Channel Learn English with Emma [engVid] dengan video berjudul How to succeed on IELTS Reading

visit our website:
Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
FB: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso

Ayo Download dan
Tes Kemampuan Bahasa Kamu di BAHASO!


visit our website:
bahaso.com

Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
PlayStore: bit.ly/BahasoAndroid

Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
LINE@: (@bahaso) http://bit.ly/BahasoLINE
Facebook: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso
Blog: blog.bahaso.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here