Greetings, Learners! Belajar Bahasa Inggris, sudah. Berlatih Bahasa Inggris, sudah juga. Tapi, asal muasal Bahasa Inggris sendiri, kalian sudah tau belum? Intrigued? Langsung simak pembahasan berikut, ya!

 

Sesuai dengan namanya, Bahasa Inggris berasal dari Inggris yang masih termasuk ke dalam Bahasa Jermanik Barat. Anglo-Saxon, itulah istilah yang digunakan untuk penduduk Inggris pada masa Penaklukan Norman.

Menurut Venerable Bede, dalam bukunya Ecclesiastical History of the English People yang dipercaya sebagai sumber terbaik untuk awal sejarah Inggris, Anglo-Saxons berasal dari Germania atau orang Jerman yang menggunakan Bahasa yang masih termasuk ke dalam Bahasa Indo-Eropa. Oleh karena itu, Bahasa Inggris berkaitan dengan Bahasa yang digunakan di Eropa dan Asia Barat seperti Islandia dan India.

Ada tiga periode Bahasa Inggris; Old English, Middle English dan Modern English.

Old English (c. 500 – c. 1100)

Old English adalah bagian dari Anglo-Saxon yang sudah disebutkan di atas tadi, Learners. Old English bisa dibilang “buyut” dari Middle dan Modern English, karena muncul sebelum tahun 1100. Berikut adalah contoh kata-kata Old English beserta artinya di Modern English:

Middle English (c. 1100 – c. 1500)

Middle English adalah Bahasa asli di Inggris yang merupakan turunan dari Old English yang paling banyak terpengaruh dari Anglo-Norman (Prancis). Middle English muncul pada tahun 1100 sampai 1500. Banyak kata benda yang dipengaruhi oleh Anglo-Norman, seperti yang diakhiri dengan -age, -ance/-ence, -ant/-ent, dan diawali dengan con- dan de-.

Modern English (c. 1500 – c. 1800)

Modern English merupakan masa dimana industri percetakan mulai berkembang, menghasilkan hingga 20,000 buku dalam kurun waktu 150 tahun. William Shakespeare “menyumbangkan” lebih dari 1.700 kata dalam karya-karyanya, lho! Contoh kata-kata Modern English yang diciptakan Shakespeare diantaranya:

Sebagian besar negara di dunia menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa utama mereka, lho, seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Australia, Irlandia, Selandia Baru, dan beberapa negara lainnya. Karena itulah Bahasa Inggris mendapatkan gelar global lingua franca atau Bahasa pengantar global.

 

Yuk Berlatih bahasa asing online di bahaso.com Gaya Zaman NOW! (Gratis 3 lesson pertama)

Dan ikuti kelas tutoring online IELTS dan TOEFL di bahaso.com/class

Diskon sepanjang tahun!


Ayo Download dan
Tes Kemampuan Bahasa Kamu di BAHASO!


visit our website:
bahaso.com

Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
PlayStore: bit.ly/BahasoAndroid

Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
LINE@: (@bahaso) http://bit.ly/BahasoLINE
Facebook: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso
Blog: blog.bahaso.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here