kata-kata bijak

Bahasa adalah alat utama manusia untuk berkomunikasi. Seiring dengan adanya perpindahan manusia dari satu tempat ke tempat lain, bahasa juga mengalami pergeseran. Perdagangan dengan negara lain menjadi salah satu alasan orang untuk mempelajari bahasa negara yang menjadi target pasar. Namun tak jarang, beberapa benda atau hal tidak mempunyai referensi dalam bahasa negara target pasar, sehingga negara tersebut harus ‘meminjam’ istilah yang biasa digunakan oleh bahasa ibu pedagang. ‘Peminjaman’ ini terjadi di semua bahasa, tak terkecuali Bahasa Indonesia yang meminjam banyak istilah dari Bahasa Belanda maupun Bahasa Arab.

Indonesia ternyata tidak menjadi satu-satunya negara yang ‘meminjam’ istilah dari Bahasa Arab, loh. Bahasa yang konon merupakan bahasa paling berkuasa di dunia, yaitu Bahasa Inggris ternyata juga ‘meminjam’ istilah dari Bahasa Arab, loh! Penasaran? Ini dia sepuluh kata dalam Bahasa Inggris yang berasal dari Bahasa Arab seperti yang dikutip dari dailytrust.com.ng

  1. Algebra: kata ini berasal dari kata dalam Bahasa Arab ‘al-jabr‘ yang berarti kurang lebih “menyatukan bagian yang patah”.
  2. Safari: Kata yang berarti “menjelajahi” ini ternyata berasal dari Bahasa Arab ‘safar‘ yang bermakna’perjalanan’.
  3. Sofa tempat kita duduk juga sebenarnya bukan berasal dari Bahasa Inggris, namun ata tersebut berasal dari Bahasa Arab ‘suffa’.
  4. Mattress: istilah furniture satu ini ternyata juga di serap dari kata dalam Bahasa Arab ‘matrah’.
  5. Orange yang kita kenal selama ini sebagai salah satu kata dasar yang diajarkan untuk pelajar Bahasa Inggris, ternyata berasal dari kata ‘naranj‘ dari Bahasa Arab yang diserap ke dalam Bahasa Perancis terlebih dahulu menjadi ‘unnorenge’.
  6. Sugar merupakan komoditas paling penting yang dikenalkan olah saudagar Arab ke benua Eropa. Masyarakat arab biasa mengenal benda ini dengan kata ‘sukkar‘.
  7. Candy : benda manis satu ini ternyata namanya juga berasal dari Bahasa Arab “qand” yang digunakan untuk menyebut sari tebu yang dikristalkan.
  8. Syrup: selain gula dan permen, pedagang Arab juga memperkenalkan benda ini ke masyarakat Eropa. Kata syrup berasal dari kata “sharab”.
  9. Cotton: meski bukan berasal dari Arab, namun pedagang Arablah yang membawa benda ini ke Erope shingga masyarakat lebih mengenal istilah yang pedagang Arab saat itu gunakan yaitu ‘qutn’.
  10. Alcohol: berasal dari kata dalam Bahasa Arab ‘al-kuhl‘ sebenarnya nama ini bukan digunakan untuk menyebut barang seperti yang selama ini kita kenal. Namun seiiring berjalannya waktu, kata ini lebh sering digunakan untu menyebut minum-minuman keras.

Itulah tadi sepuluh kata dalam Bahasa Inggris hasil serapan dari Bahasa Arab. Tentu saja masih banyak kata yang dipinjam baik dari Bahasa Arab maupun bahasa lain. Kata serapan apalagi yang kamu tahu?

__________________________________________________________________

visit our website:
Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
FB: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso

Ayo Download dan
Tes Kemampuan Bahasa Kamu di BAHASO!


visit our website:
bahaso.com

Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
PlayStore: bit.ly/BahasoAndroid

Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
LINE@: (@bahaso) http://bit.ly/BahasoLINE
Facebook: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso
Blog: blog.bahaso.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here