Thesaurus Facts

by on
Ahoy, Learners! Hari ini, 18 Januari, adalah hari Thesaurus, lho! Mungkin bagi kalian yang suka menulis, Thesaurus sangatlah berjasa karena bisa membantu kita mencari kata-kata yang pas untuk ditulis. Sekarang, kita bahas dulu yuk fakta menarik tentang Thesaurus!

  • Thesaurus = Treasure

Ternyata, nama Thesaurus sendiri berasal dari bahasa Yunani thésauros yang artinya treasure atau sesuatu yang sangat berharga.

 

  • Thesaurus adalah kamus

Pada tahun 1530, penulis asal Prancis, Robert Estienne, menerbitkan Thesaurus Linguae Latinae yaitu kamus bahasa Latin. Lalu pada tahun 1572, putra dari Estienne, Henri, menerbitkan kamus bahasa Yunani berjudul Thesaurus Linguae Graecae. Tapi, meskipun kedua buku tersebut berjudul thesaurus, nyatanya buku tersebut adalah kamus.

 

  • Thesaurus berbentuk puisi

Pada abad ke-4, Amara Sinha, penyair asal India menulis thesaurus Sansekerta yang berjudul The Amarakosha. Uniknya, thesaurus ini tidak berbentuk urutan kata yang membosankan, melainkan Sinha menulisnya dalam bentuk puisi yang panjang. Bentuk thesaurus ini memang bisa membuat kita cepat untuk menghafalnya, Learners.

 

  • Lukisan Thesaurus

Mel Bochner membuat lukisan dari kata-kata dan sinonimnya. Lukisannya dibuat warna-warni dan dibagi menjadi sinonim kata Bahasa Inggris dan Bahasa Yiddi. Ketika veteran dari Vietnam dan Irak melihat lukisan thesaurus karya Bochner, mereka menangis karena membaca kata-kata yang ada di lukisan tersebut seperti expire, perish, succumb, croak, dan kick the bucket.

  • Urban Thesaurus

Kalau kalian mau menggunakan bahasa Inggris yang gaul, pasti acuan kalian adalah Urban Dictionary. Nah, gak hanya kamus, ternyata Urban Dictionary juga menyediakan Urban Thesaurus yang berisikan sinonim dari kata yang sedang kalian cari, biar kalian makin gaul.

 

Ayo perbanyak buka Thesaurus biar kosakata kalian juga semakin meningkat!

You may also like