Setelah berjuang berabad-abad untuk meraih kemerdekaan, peringatan hari Kemerdekaan Indonesia selalu ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat dari Sabang sampai Merauke. Bukan hanya karena kemeriahannya saja, tapi juga nilai-nilai yang terkandung dibalik perayaan hari kemerdekaan. Salah satunya adalah lomba panjat pinang yang selalu sukses menyemarakkan hari kemerdekaan. Dibalik keseruan lomba tersebut, terdapat nilai moral berupa gotong royong dan pantang menyerah demi mendapatkan apa yang diinginkan dan dicita-citakan.
Selain panjat pinang, yuk kita simak berbagai bentuk perayaan unik di daerah lainnya yang turut serta memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia di bawah ini Learners!

 

  1. Lomba Dayung (Banjarmasin)

Dijuluki sebagai pulau dengan seribu sungai, kota Banjarmasin di Kalimantan mengadakan lomba dayung dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia setiap tahunnya. Dengan mengandalkan potensi alamnya yaitu sungai Martapura, lomba ini menawarkan hadiah yang sangat menarik lho, Learners! Ada uang tunai dan piala bergilir yang akan diberikan langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan. Lomba ini memerlukan regu yang masing-masing berjumlah 10 orang dan akan menempuh jarak 500m. Perahu yang dapat berlayar dengan cepat dan sampai garis finish paling awal, dialah pemenangnya.

2. Lari Obor Estafet (Semarang)

Telah berlangsung selama 32 tahun berturut-turut, lari obor estafet ini selalu berhasil menarik perhatian dan menyemarakkan perayaan HUT kemerdekaan Indonesia. Kegiatan ini tidak hanya seru tetapi juga memiliki nilai makna yang mendalam bagi masyarakat Semarang. Perlombaan ini dianggap dapat membakar semangat dalam rangka mengisi dan mempertahankan kemerdekaan.

3. Upacara Prajurit Keraton (Daerah Istimewa Yogyakarta)

Bukan Yogyakarta namanya kalau tidak ada yang istimewa dari kota ini. Dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan Indonesia, setiap tahun para warga mengadakan upacara. Tetapi bukan upacara bendera biasa, Learners. Warga laki-laki maupun perempuan, akan memakai atribut prajurit keraton layaknya mereka adalah bagian dari prajurit tersebut.

4. Pacu Kude (Aceh)

Pacu Kude sudah menjadi salah satu kegiatan yang selalu sukses menarik perhatian masyarakat dan turis yang berkunjung pada perayaan 17 Agustus-an. Pengunjung pun rela berkerumun di antara ribuan orang demi menonton perlombaan ini. Pacu Kude sangat unik karena tidak semua orang bisa menjadi peserta. Yang boleh mengikuti kompetisi ini adalah generasi muda yang berusia 12 sampai 20 tahun saja.

5. Bola Sarung (Makassar)

Bagaimana ya rasanya menendang bola dengan sarung? Bisa dibayangkan betapa sulitnya melakukan hal tersebut. Inilah yang membuat salah satu perayaan kemerdekaan di daerah Makassar ini jadi sangat seru. Tidak hanya mengundang sorak sorai dari penonton, tapi juga gelak tawa akibat sulitnya para pemain ketika menendang bola.

 

Itu dia Learners, perayaan unik dari berbagai daerah saat merayakan Hari Kemerdekaan. Ada kah diantaranya merupakan daerah kalian berasal, Learners? Comment di bawah perayaan unik yang ada di daerah kalian ya!

Yuk Berlatih bahasa asing online di bahaso.com Gaya Zaman NOW! (Gratis 3 lesson pertama)

Dan ikuti kelas tutoring online IELTS dan TOEFL di bahaso.com/class

Diskon sepanjang tahun!


Ayo Download dan
Tes Kemampuan Bahasa Kamu di BAHASO!


visit our website:
bahaso.com

Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
PlayStore: bit.ly/BahasoAndroid

Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
LINE@: (@bahaso) http://bit.ly/BahasoLINE
Facebook: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso
Blog: blog.bahaso.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here