Oxford Comma

by on

 

Hai Learners! Beberapa kalian mungkin bingung dengan penggunaan comma untuk menyebutkan items yang lebih dari dua. Artikel ini pas sekali untuk kalian. Coba perhatikan dua kalimat dibawah ini!

a. I will invite her parents, Hans and Jane to the dinner.
b. I will invite her parents, Hans, and Jane to the dinner.

Apa perbedaan dari kedua kalimat tersebut?

Yup, perbedaannya terletak pada tanda comma setelah kata penghubung (conjunction) andComma setelah kata penghubung and, or, atau nor disebut dengan Oxford Comma atau serial comma.

Mengapa disebut dengan Oxford Comma?

Karena pemakaian comma ini dipopulerkan sebagai guidelines penulisan oleh penerbit resmi dari Universitas Oxford yaitu Oxford University Press.

Untuk penggunaannya sendiri, Oxford comma masih menuai perdebatan. Beberapa orang memakai comma ini untuk memperjelas atau menegaskan sesuatu yang mereka sebutkan. Contoh adalah dalam kalimat berikut:

I will invite the CEOs, Oprah Winfrey, and Justin Timberlake.

Pemakaian comma dalam kalimat di atas menandakan bahwa orang yang mengutarakan kalimat tersebut (pembicara) akan mengundang tiga kumpulan orang yang berbeda yaitu para CEO, presenter Oprah Winfrey dan penyanyi Justin Timberlake. Bandingkan dengan kalimat dibawah ini yang tidak memakai Oxford Comma

I will invite the CEOs, Oprah Winfrey and Justin Timberlake.

Hilangnya Oxford comma di atas mengakibatkan lawan bicara bisa saja menangkap bahwa pembicara hanya akan mengundang dua orang CEO yaitu Oprah Winfrey dan Justin Timberlake.

Meskipun begitu, banyak orang juga tidak setuju dengan  pemakaian oxford comma ini karena pemakaian comma yang terlalu banyak akan mengurangi keindahan bentuk tulisan. Selain karena alasan estetika, Oxford comma juga bisa membingungkan seperti contoh di bawah ini

I invited Oprah Winfrey, a singer, and a dancer.

Pada kalimat di atas, lawan bicara bisa saja menganggap bahwa si pembicara akan mengundang tiga orang yang berbeda (Oprah Winfrey, seorang penari, dan seorang penyanyi). Akan tetapi kalimat di atas juga bisa menunjukan bahwa si pembicara hanya ingin membawa dua orang yaitu penyanyi Oprah Winfrey dan seorang penari.

Kalau begitu mana yang benar?

Para penulis meyakini salah satu dari kedua aturan pemakaian comma tersebut dan selalu menggunakannya secara konsisten. Jadi tidak masalah apakah kamu akan memakai Oxford comma dalam tulisanmu asalkan kamu selalu konsisten dengan aturan yang telah kamu buat sendiri.

 

Referensi:

visit our website:
Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
FB: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso

You may also like

3 Comments
  1. Agatha 4 years ago

    That’s a nicely made answer to a chlnaelging question

    • Daniel Jaya 4 years ago

      Untuk pemakaian Oxford Comma memang tergantung dari konsistensi yang kita buat, dan juga tergantung dari sebuah kalimat yang akan kita tulis. Terima kasih untuk sharing artikel mengenai “Oxford Comma”.

    • Devi R. Pratiwi 4 years ago

      Thank you for visiting our page 🙂

Comments are closed.