Bagi kamu yang baru pertama kali menulis cover letter (jamak : cover letters) dalam Bahasa Inggris mungkin merasa kebingungan mengenai frasa yang harus kamu tulis sebagai pembuka. Beberapa orang memilih untuk menggunakan frasa Dear Sir atau Dear Madam, padahal menurut sebagian besar penutur asli, penggunaan Dear Sir atau Dear Madam dinilai kurang tepat. Jika kamu sedang melamar pekerjaan dan menuliskan frasa tersebut sebagai pembuka, kemungkinan kamu diterima akan berkurang, meski tidak secara signifikan, karena penggunaan frasa tersebut tidak mencerminkan kesungguhan kamu sebagai calon pekerja.

Yang perlu kamu lakukan sebelum mengirim sebuah cover letter adalah memastikan nama penerima email. Beberapa lowongan pekerjaan mengharuskan pelamar untuk mengirim CV dan resume ke email salah satu pekerja. Dari alamat email tersebut biasanya kamu dapat melihat nama lengkap si penerima. Jika kamu sudah tahu nama lengkap penerima, kamu bisa gunakan frasa Dear [Nama lengkap penerima] sebagai pembuka. kamu juga bisa menuliskan jabatan penerima dalam frasa pembuka-mu, misalnya Dear Content Manager atau Dear Hiring ManagerJika ternyata informasi mengenai nama penerima tidak tersedia, kamu bisa mencari tahu dengan cara mencari informasi melalui internet, atau menelpon perusahaan tersebut secara langsung.

Beberapa perusahaan tidak mencantumkan nama terang penerima email, namun mereka mengharapkan pelamar untuk mengirimkan email ke alamat email HRD. Jika demikian, kamu bisa membuka email kamu dengan Dear Hiring Team atau Dear Hiring ManagerNamun ada juga beberapa perusahaan yang mengharuskan pelamar melamar ke beberapa alamat email berbeda, tergantung dengan departemen yang sedang membutuhkan. Kamu bisa membuka email dengan frasa Dear [Nama departemen terkait]. Untuk mendapatkan informasi mengenai penerima email baik nama, jabatan maupun departemen kamu memang harus sedikit bersusah-payah. Tapi dengan begitu kamu akan meraih poin lebih dari pelamar lainnya karena kamu dinilai lebih bersungguh-sungguh.

Meski begitu, tak jarang orang tidak dapat menerima informasi tersebut walaupun sudah melakukan berbagai cara. Ada frasa alternatif yang bisa kamu pakai jika kamu memang tidak dapat menemukan informasi di atas yang dinilai lebih baik dari Dear Sir atau Dear Madam, yaitu To whom it may concern.

 


Ayo Download dan
Tes Kemampuan Bahasa Kamu di BAHASO!


visit our website:
bahaso.com

Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
PlayStore: bit.ly/BahasoAndroid

Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
B: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso
Blog: blog.bahaso.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here