Tips Tingkatkan Kemampuan Pronunciation

by on

Bahasa Inggris adalah jendela ke dunia yang menghubungkan dengan peluang dan pengetahuan yang tak terbatas. Pentingnya menguasai bahasa Inggris dapat menjadi alat untuk kita dapat berkomunikasi, berkolaborasi, memperluas wawasan dan bertukar gagasan dengan orang dari berbagai tempat yang ada di seluruh belahan dunia. Salah satu kemampuan yang perlu dilatih dalam Bahasa Inggris ialah pronunciation. Pronunciation merupakan pengucapan dalam bahasa Inggris yang di dalamnya termasuk artikulasi, penekanan dan intonasi. Pronunciation dalam bahasa Inggris menjadi sangat penting, karena jika pengucapan bahasa Inggris kita tidak tepat, hal itu dapat menghambat komunikasi.

Nah, bagi sebangian orang, melafalkan kosakata dalam bahasa Inggris memiliki tantangan tersendiri. So, gimana caranya aga pronunciation bisa dilatih? Minso kasih tips untuk meningkatkan kemampuan pronunciation lewat artikel ini!

1. Identifikasi Kata-kata yang Sulit Diucapkan

Setiap bahasa tentu memiliki beberapa kata yang sulit untuk diucapkan karena terdapat beberapa aturan di dalamnya. Semakin banyak kamu menemukan dan membuat list kata-kata yang sulit untuk diucapkan, semakin cepat juga kemampuan dalam pronunciation kamu meningkat.

2. Latihan dengan Tongue Twister

“I scream, you scream, we all scream for the ice cream” kalimat tersebut merupakan salah satu contoh untuk berlatih tongue twister. Tongue twister bisa menjadi cara yang seru dan santai untuk kamu melatih pronunciation. Cara ini terbukti dapat melatih memperjelas pengucapan kata karena dapat memperkuat otot-otot yang digunakan untuk bicara. Kamu bisa berlatih tongue twister secara perlahan, lalu mengulangi dengan mengucapkannya dengan cepat secara berulang.

3. Belatih Bunyi Vokal dan Konsonan

Bunyi huruf vokal dan juga konsonan pada bahasa Inggris tentu berbeda dengan bahasa Indonesia. Mungkin akan terasa sulit saat mengucapkan bahasa Inggris karena kita sudah terbiasa dengan bahasa Indonesia sehari-hari. Tapi dengan terus menerus berlatih, lama kelamaan kita akan terbiasa.

4. Nonton Film dan Mendengarkan Lagu dalam Bahasa Inggris

Menonton film dan mendengarkan lagu bahasa Inggris ialah cara yang simple untuk melatih pronunciation. Film dan lagu memberikan berbagai macam contoh cara pengucapan kata dalam bahasa Inggris. Kamu bisa menyimak dan mencoba menirukan kembali apa yang dikatan seperti di film atau lagu. Tapi, yang perlu diingat ialah bahasa Inggris memiliki beragam aksen. Sehingga kamu harus menyesuaikan aksen mana yang ingin kamu latih.

5. Berlatih Bersama Native Speaker

Duh, aku cari teman bule dimana ya? 

Pastinya, sekelibat pertanyaan itu pernah ada deh. Di era yang serba modern ini, kamu mungkin bisa berkenalan dan berjejaring lewat sosial media. Minta mereka menjadi lawan bicara kamu untuk melatih pronunciation. Kamu bisa menirukan dan banyak bertanya kepada teman baru kamu. Atau kalau kamu merasa segan mencari teman native, kamu bisa berlatih bersama tutor profesional yang ada di Bahaso. Kamu bisa latih skill pronunciation kamu dan meminta masukan.


6. Ucapkan Berulang Kali dan Rekam

Kamu bisa melatih pronunciation dengan mengucapkan kembali kata atau kalimat yang ingin kamu latih. Setelah itu, coba kamu rekam suaramu sendiri dan dengarkan kembali. Ulangi untuk mengucapkan kata atau kalimatnya dan coba bandingkan dengan yang native ucapkan. Dengan begitu, kamu jadi bisa mengetahui pengucapan mana yang sudah mirip dan benar.

7. Berlatih Homograf

Homograf adalah kata-kata yang memiliki ejaan yang sama, tapi memiliki cara yang berbeda dari pengucapannya dan juga dari artinya. Nah, kamu bisa berlatih homograf disini.

8. Latihan Secara Perlahan

Hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu bicaralah secara perlahan. Siapa sih yang nggak mau lancar bicara dengan bahasa Inggris? Sebagai beginner yang perlu banyak berlatih, mulailah dengan pengucapan secara perlahan. Lambat laun, kamu akan terbiasa mengucapkan kata dalam bahasa Inggris dengan lancar dan pronunciation yang tepat.

Nah, itulah delapan tips yang dapat membantu untuk melatih pronunciation kamu agar semakin mahir. Jika kamu masih merasa kurang baik dalam pengucapannya, it’s ok! Kamu disini belajar dan ingat! Practice makes perfect! 

Kalau kamu sesulitan untuk melatih dan ingin memiliki mentor untuk mengawasi bagaimana kamu berlatih, kamu bisa bergabung bersama Bahasa Boombastic Talk. Hanya dengan 44 ribu rupiah saja, kamu bisa berlatih bersama tutor profesional.


You may also like