Aloha, Learners! Put your hands up kalau kamu suka membaca puisi. Puisi karya siapa nih yang menjadi favorit kalian? Sudah tahukah cara membaca puisi yang benar? Yuk, simak pembahasan di bawah.
  • Asumsi

Ketika kalian membaca suatu puisi, mungkin ada saat dimana kalian tidak paham apa yang dimaksud oleh puisi tersebut. Tenang, Learners, hal tersebut sangat wajar dalam hal perpuisian. Jangan berasumsi bahwa ketika kamu tidak mengerti isi puisi tersebut, berarti ada sesuatu yang salah di dirimu atau bahkan di puisinya. Mungkin setelah bacaan kedua atau ketiga, kalian baru paham apa isi puisi tersebut.

  • Membaca dengan suara keras

Judul sebuah puisi bisa memberikan clue tentang isi puisinya. Membaca puisi dengan suara keras dapat membantu kita mengetahui “suara” puisinya; apakah mempunyai rima, apakah ada efek spesial yang dihasilkan dari suara puisi tersebut? Jika kalian tidak fokus ketika membaca puisinya sendiri, kalian bisa minta tolong teman kalian untuk membacakannya untuk kalian.

  • Baris dalam puisi

Tata bahasa dan tanda baca dalam sebuah puisi sangat penting, karena ada saat dimana beberapa baris dalam puisi yang tidak tentu dan berhenti di tempat yang tidak disangka. Tetapi hal tersebut justru yang membuat puisi itu menjadi bermakna.

  • Diskusi

Memang, persepsi dari sebuah puisi merupakan hal yang bersifat pribadi. Walaupun demikian, melakukan diskusi tentang sebuah puisi dapat membantu kita dalam berbagi pendapat dengan persepsi orang lain. Diskusi dapat membuka kemungkinan terhadap jawaban lain dari pertanyaan yang kita punya terhadap puisi tersebut, lho, Learners.

  • “Ngobrol” dengan puisi

Setelah membaca sebuah puisi, pasti muncul banyak pertanyaan terkait puisi tersebut. Misalnya, siapa speaker nya, situasi seperti apa yang terjadi, apa maksud dari judul puisinya, bahasa figuratif apa yang digunakan, dll. Inilah yang disebut sebagai “ngobrol” dengan puisi; kita bertanya dan puisi menjawab. Ketika kita sudah menemukan jawabannya, mungkin beberapa jawaban akan terkesan tidak begitu penting, atau bahkan tidak ada. Tetapi itu merupakan petunjuk awal makna sebuah puisi.

  • Ambiguitas

Bagi beberapa orang, mereka ingin membaca puisi dengan mudah dan jelas sehingga mereka bisa langsung paham akan maksud puisi tersebut. Seringkali, estetika dari ambiguitas yang memang salah satu unsur inti dari sebuah puisi terlupakan oleh para pembaca. Kita harus selalu berlatih dan mempelajari pemikiran-pemikiran baru dan coba untuk menikmati hal yang memang sulit terpecahkan ya, Learners.

Sekarang saatnya kamu coba baca puisi dengan steps di atas, Learners. Kamu bisa mencoba dengan membaca salah satu puisi karya Robert Frost atau Emily Dickinson.

 

Yuk Berlatih bahasa asing online di bahaso.com Gaya Zaman NOW! (Gratis 3 lesson pertama)

Dan ikuti kelas tutoring online IELTS dan TOEFL di bahaso.com/class

Diskon sepanjang tahun!


Ayo Download dan
Tes Kemampuan Bahasa Kamu di BAHASO!


visit our website:
bahaso.com

Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
PlayStore: bit.ly/BahasoAndroid

Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
LINE@: (@bahaso) http://bit.ly/BahasoLINE
Facebook: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso
Blog: blog.bahaso.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here