Selain mempelajari kosakata yang digunakan sehari-hari, kita juga perlu mempelajari tentang istilah-istilah di ranah hukum lho, Learners. Kita pelajari juga yuk istilah-istilah yang ada di ranah hukum.

Attorney / Lawyer

Untuk hal ini, pengertiannya berbeda-beda di tiap negara. Di Indonesia sendiri, kita memakai istilah advokat atau pengacara. Perbedaan attorney dan lawyer terletak di tempat kerjanya saja. Attorney lebih banyak bergerak di dalam pengadilan, sementara lawyer bisa bekerja di dalam pengadilan maupun di luar pengadilan. Meskipun begitu, keduanya mempunyai arti pengacara.

 

Bail

Istilah ini mempunyai arti membebaskan seorang terdakwa yang sedang menunggu persidangan, dengan syarat berupa sejumlah uang yang harus diajukan sebagai jaminan.

 

Court

Court artinya pengadilan, yaitu tempat dimana sebuah perkara diadili, diperiksa, dan diputuskan.

 

Conviction

Jika seseorang dinyatakan bersalah, maka dia akan mendapatkan conviction atau hukuman.

 

Defendant

Terdakwa atau defendant adalah orang yang terbukti bersalah dari suatu perkara dan sedang menunggu bentuk dari conviction yang akan diterima.

Felony

Ini dia penyebab seseorang bisa menjadi defendant. Jika seseorang melakukan felony atau tindak kejahatan, maka dia bisa terkena hukuman dan diadili.

 

Verdict

Verdict atau putusan hakim merupakan hal yang paling penting dalam suatu peradilan. Disinilah kita bisa tahu, apakah tersangka benar bersalah atau tidak.

 

Witness

Dalam suatu perkara, tentu dibutuhkan juga saksi atau witness agar kita bisa mengetahui masalahnya dari berbagai sudut pandang.

Learners tahu nggak, bahwa ada beberapa istilah hukum yang ternyata kata-katanya kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Condition

Condition bisa berarti suatu kondisi. Tetapi dalam ranah hukum, condition mempunyai arti syarat.

 

Motion

Selain mempunyai arti gerakan, motion mempunyai arti mosi atau permintaan oleh penggugat kepada hakim untuk keputusan tentang masalah yang berkaitan dengan suatu perkara.

 

Sentence

Dalam ranah hukum, sentence dapat berupa kata benda dan bisa juga berupa kata kerja. Sentence merupakan sinonim dari conviction, yaitu hukuman. Arti lain dari kata ini adalah kalimat.

Yuk Berlatih bahasa asing online di bahaso.com Gaya Zaman NOW! (Gratis 3 lesson pertama)

Dan ikuti kelas tutoring online IELTS dan TOEFL di bahaso.com/class

Diskon sepanjang tahun!


Ayo Download dan
Tes Kemampuan Bahasa Kamu di BAHASO!


visit our website:
bahaso.com

Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
PlayStore: bit.ly/BahasoAndroid

Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
LINE@: (@bahaso) http://bit.ly/BahasoLINE
Facebook: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso
Blog: blog.bahaso.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here