Kenapa Bahasa Mandarin Penting untuk Dikuasai

by on

Orient Pearl, Shanghai, China taken during daytime

Photo by Edward He on Unsplash

Learners, kenapa bahasa Mandarin jadi penting untuk dipelajari? Seperti yang kita ketahui, bahasa Mandarin dinobatkan sebagai bahasa internasional kedua yang banyak digunakan setelah bahasa Inggris. Bahasa Mandarin sudah menjadi bahasa universal yang digunakan dalam dunia teknologi, pendidikan, perdangangan dan lain sebagainya. 

Hal apa sih yang membuat bahasa Mandarin penting untuk dipelajari? Nih, Minso kasih tau alasannya!

  • Bahasa yang Paling Banyak Digunakan di Dunia

Sebagai negara terpadat di dunia, populasi penduduk Tionghoa tersebar di berbagai negara. Bahasa Mandarin dituturkan oleh lebih dari seperempat penduduk dunia. Tidak hanya warga Tionghoa, tetapi juga banyak individu dari Taiwan, Singapura, Malaysia, Hongkong, Filipina, dan bahkan Indonesia bisa berbicara bahasa Mandarin secara teratur.

Selain fakta tersebut, bahasa ini digunakan oleh berbagai kelompok perantauan dan keturunan Tionghoa yang tinggal di negara-negara besar seperti Australia, Amerika Serikat dan benua Eropa. China menyumbang 20% ​​dari semua siswa internasional di Inggris.

  • Membuka Peluang Karir yang Lebih Luas

Menurut Databoks, China menjadi investor terbesar kedua di Indonesia pada awal 2019, dengan total US$4,7 miliar, atau 16,8% dari total investasi di Indonesia. Hal ini berimplikasi bahwa di masa yang akan datang dibutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan bahasa Mandarin. Kamu sekarang dapat belajar bahasa Mandarin untuk mendapatkan keunggulan bahasa dan bersaing dengan pencari kerja lainnya. Banyak bisnis akan membutuhkan keunggulan pada keahlian berbahasa Mandarin.

  • Memperluas Dunia Bisnis

Kita semua seudah tahu, selama 35 tahun terakhir China telah mengubah diri mereka menjadi ekonomi global terbesar. Dengan menguasai bahasa Mandarin, kamu bisa membuka peluang lebih menjalin kerjasama dengan mereka.

  • Memahami Budaya Tiongkok

Untuk Learners yang ingin memahami budaya Tiongkok, Learners harus mengerti bahasa Mandarin terlebih dahulu. Banyak fakta-fakta menarik tentang Tiongkok yang menyenangkan. Mempelajari sejarah tidak hanya dapat dilakukan dengan membaca buku, lho. Namun, kalian bisa menonton film, dan juga mengobrol dengan teman-teman yang lebih dahulu memahami tentang budaya Tiongkok.

  • Berperan Utama dalam Dunia Pariwisata

Karena populasi China besar dan tersebar di seluruh dunia, hal itu berpengaruh pada bisnis pariwisata. Banyak negara dan tujuan wisata populer memberikan informasi, serta pemandu perjalanan berbahasa Mandarin. Terutama untuk sektor pariwisata negara-negara Asia. Alhasil, dalam ranah pariwisata, bahasa Mandarin sama pentingnya dengan bahasa Inggris. Jika kamu ingin bekerja di industri perhotelan, kemampuan bahasa Mandarin kamu akan dipertimbangkan. Pasalnya, jumlah wisatawan China yang berkunjung ke Indonesia pada 2019 bisa mencapai 2,07 juta. 

Gimana? Kamu tertarik untuk menguasai bahasa Mandarin? Tentunya ini jadi hal yang baru dan challenging bagi Learners yang belum pernah mempelajari bahsa Mandarin dari awal. Tapi tenang! Gak perlu khawatir, karena sebenarnya mempelajari bahasa Mandarin ini cukup mudah. Yuk, kita mulai belajar bahasa Mandarin dimulai dari percakapan sehari-hari dalam bahasa Mandarin.

You may also like