Born with Silver Spoon: Idiom Anak Orang Kaya

by on

Learners, sering mendengar idiom? Apa sih idiom itu?

Yuk belajar bahasa Inggris bersama Bahaso! Sebelumnya, Minso mau kasih tau dulu apa itu idiom. Idiom merupakan gabungan beberapa kata yang dapat mengungkapkan sebuah ekspresi namun tidak dapat dijelaskan dari makna harfiahnya.

Minso kasih contoh, apa arti dari ‘born with a silver spoon‘?. Apa lahir dengan sendok perak?. Tentu bukan! Itu maknanya sebenarnya. Born with a silver spoon merupakan idiom yang berarti orang yang terlahir dari keluarga kaya atau keluarga sultan (konglomerat). Peribahasa ini menggambarkan situasi dimana seseorang yang lahir dalam keadaan semua keperluannya terpenuhi. Baik itu makanan, minuman, pendidikan, serta harta kekayaan karena dia dilahirkan dari keluarga yang kaya sehingga ia tidak perlu merasa khawatir akan kehidupannya di masa depan yang serba terjamin.

idiom silver spoon

Kalau tadi Minso udah kasih tau artinya, sekarang Minso mau kasih tau nih kapan dan kenapa sih peribahasa itu bisa muncul?

Sejarah Silver Spoon

Di tahun 1700-an era abad pertengahan Eropa, orang-orang mempunyai kebiasaan untuk membawa sendok sendiri jika berpergian. Khususnya di daerah pinggiran. Kemudian, kebiasaan ini mulai berubah menjadi budaya etika meja makan yang mana peralatannya ditata di atas meja.

Sendok yang sering kali mereka bawa adalah sendok perak (silver spoon), sebagai penanda bahwa mereka ini mampu membeli alat makan yang terbuat dari perak. Kala itu, barang yang tebuat dari perak tergolong barang yang mewah. Fun fact nya adalah, ini dilakukan oleh kalangan tuan tanah atau petani di daerah pedesaan. Jadi, istilah “born with a silver spoon in his mouth” itu tadi menandakan; kalau lahir di keluarga kaya raya, otomatis kaya dari lahir. Wah, unik ya asal usul muncul nya peribahasa ini!

Fungsi peribahasa ada banyak loh! Salah satunya, berfungsi untuk dapat menjebatani adanya komunikasi yang lebih kreatif. Peribahasa dalam bahasa Inggris memiliki makna yang berbeda tetapi dapat dianalisis dari komponen-komponen pembentuk idiom tersebut. Memang idiom ini perlu dipelajari dan di latih agar kamu gak gagal paham, ya. Kalau kamu mau belajar bersama mentor di Bahaso, tentu bisa juga.


Yuk belajar bahasa Inggris bersama Bahaso! Belajar bahasa Inggris lewat aplikasi yang memudahkan kamu belajar dimana saja kapan saja dengan harga yang terjangkau. Kamu bisa dapatkan aplikasinya GRATIS di smartphone kamu.

Bahaso, Beyond Language Learning!

You may also like