Apa sih determiners itu? Bagaimana penggunaannya ya?

Determiners (tunggal: determiner) adalah kata atau frasa yang digunakan sebelum kata benda. Determiners penting untuk memperkenalkan atau menyediakan konteks untuk kata benda. Menyediakan konteks contohnya dapat dalam bentuk kuantitas (three apples) atau kepemilikan (my apple).

Dalam suatu kalimat, pada umumnya determiners diletakkan di depan nouns atau kata benda. Contohnya:determiners

Apakah semua yang diletakkan di depan nouns adalah determiners? Tentu saja tidak. Ada juga adjectives (tunggal: adjective) yang bisa diletakkan di depan nouns. Bedanya adalah adjectives merupakan kata yang menunjukan sifat yang lebih spesifik seperti beautiful, young, new dan lain-lain. Selain itu ada adjectives mempunyai tingkatan pembanding seperti beautiful, more beautiful dan the most beautiful sedangkan determiners tidak.

Jika kata benda berdampingan dengan bendanya berbentuk frasa (lebih dari satu kata) dan terdapat adjectives maka determiners ditempatkan sebelum adjectives. Contoh:ululu

Seperti yang dapat dilihat dari contoh, bentuk determiners bisa bermacam-macam. Secara garis besar, ada lima jenis determiners:

Articles

Articles terdiri dari a, an dan the. A, an dan the digunakan untuk menunjukkan apakah suatu benda itu spesifik atau tidak. A dan an digunakan untuk menunjukan satu benda yang belum spesifik. Perbedaan antara keduanya bisa kamu lihat di sini. Sedangkan the digunakan untuk menunjukan benda yang sudah sangat spesifik. Untuk pemakaian ketiganya, bisa kamu klik di sini dan di sini.

Possessives

Possessives adalah kata pengganti milik. Ada beberapa bentuk possessives, namun yang paling sederhana adalah adalah mine, yours, his, hers, theirs, ours dan its. Lebih jelasnya kamu bisa baca di sini dan di sini.

Quantifiers

Much, many, some, a little, a few adalah contoh quantifiers. Quantifiers digunakan untuk menjelaskan kuantitas atau jumlah. Sebelumnya Pandoo juga pernah membahas tentang quantifiers di sini lho.

Demonstratives

Demonstratives adalah kata yang digunakan untuk menunjuk benda berdasarkan jaraknya. Contoh demonstratives adalah this, that, these dan those. Selengkapnya baca di sini ya, Learners!

Interrogatives

Interrogatives digunakan untuk membentuk kalimat tanya. Contoh interrogatives adalah what, whose dan which. Untuk penggunaannya bisa di lihat di sini dan sini ya, Learners!

Jadi kamu sudah tahu kan apa itu determiners? Kita uji dengan bacaan di bawah ini yuk. Coba kamu tentukan mana saja determiners dalam bacaan di bawah ini! Clue: determiners tidak akan jauh-jauh dari nouns.

slide1

Sudah ketemu belum? Coba kalian cocokkan dengan jawaban Pandoo di bawah ini:

slide2

Sudah cocok belum Learners? Kalau masih bingung bisa tanya di kolom komentar ya! Jangan lupa share supaya teman kamu juga tambah paham!

 

Referensi:

http://partofspeech.org/determiner-explanation-and-examples/

http://www.mightybook.com/free_to_read_text.php?book=The%20Bear%20and%20the%20Bees-vocab

visit our website:
Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
FB: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso

 

 

 

 

 


Ayo Download dan
Tes Kemampuan Bahasa Kamu di BAHASO!


visit our website:
bahaso.com

Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
PlayStore: bit.ly/BahasoAndroid

Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
LINE@: (@bahaso) http://bit.ly/BahasoLINE
Facebook: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso
Blog: blog.bahaso.com

2 COMMENTS

    • Glad we could help! Jangan lupa share dan unduh aplikasi kami di AppStore: bit.ly/BahasoApp dan PlayStore: bit.ly/BahasoAndroid, terima kasih 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here