Definite dan Indefinite Article

by on

Dalam Bahasa Inggris, kita mengenal yang namanya article. Article berfungsi memberikan keterangan noun apakah noun tersebut spesifik atau tidak. Ada dua jenis article, yakni definite dan indefinite article.

Definite article adalah article yang berfungsi menerangkan benda yang spesifik. Hanya ada satu indefinite article yaitu “the”. Kita bisa menggunakan “the” untuk kata benda jamak, tunggal ataupun uncountable noun (yang tak dapat dihitung). “The” digunakan jika baik pembicara  maupun pendengar memiliki referensi yang sama pada suatu yang dibicarakan secara lebih spesifik.

Indefinite article adalah article yang berfungsi menerangkan benda yang baru pertama kali disebut atau tidak spesifik. Ada tiga indefinite article dalam bahasa Inggris. “A” dan “An” untuk kata benda yang tunggal dan “some” untuk kata benda jamak atau yang tak dapat dihitung.

Contoh :

I saw a man come into a house. After fifteen minutes, the man got out from the house while bringing a set of TV.

Pada kalimat di atas, kita menggunakan article “a” untuk menerangkan “man” dan “house” karena “man” dan “house” muncul pertama kali dalam kalimat. Ia masih belum spesifik. Pada kalimat selanjutnya, kita tak lagi menggunakan “a” melainkan “the” karena “man” dan “house” sudah bisa diidentifikasi dan statusnya sudah menjadi lebih spesifik. Jika ditanya “which man?”, dapat dijawab “a man who came into the house”. “Which house?”, dapat dijawab “the one where a man came into.”

A : Can you pick up a glass of orange juice for me?

B : Sure.

Pada kalimat di atas, A tidak peduli gelas jus jeruk (a glass of orange juice) yang mana yang diambilkan, yang penting jus jeruk.

C : Please, give me back the dress!

D : I don’t know where is it. Sorry.

Pada kalimat di atas, meskipun “dress” baru pertama kali disebut tapi ia menggunakan article “the”. Hal ini kedua belah pihak (pembicara dan pendengar) tahu dengan spesifik dan memiliki referensi yang sama atas benda yang mereka bicarakan.

Tak hanya itu, kita juga menggunakan definite article untuk menerangkan :

  1. Nama negara yang memiliki kata kingdom, states, republic. Contoh. the United States of America, the Kingdom of Nepal, the People’s Republic of China
  2. Negara yang memiliki plural nouns sebagai namanya. Contoh, the Netherlands, the Philippines.
  3. Letak geografis. Contoh, the Pacific Ocean, the Himalaya
  4. Gedung-gedung atau karya seni. Contoh, the Empire State Building, the Taj Mahal.

Referensi:

http://grammar.yourdictionary.com/grammar-rules-and-tips/definite-and-indefinite-articles.html

https://learnenglish.britishcouncil.org/en/english-grammar/determiners-and-quantifiers/definite-article

 

visit our website:
Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
FB: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso

You may also like