Cara membuat Kalimat Efektif (Part I)

by on

Efektif berarti memiliki efek. Kalimat efektif adalah kalimat yang jika dibaca akan memberikan efek tertentu kepada pembacanya. Jika saat menulis kita gagal menentukan efek apa yang akan kita timbulkan, maka tulisan kita bisa dianggap tidak efektif. Sebaliknya, jika kita memasukkan tujuan disetiap tulisan kita, maka tulisan kita menjadi tulisan yang efektif.

Jadi bagaimana cara membuat tulisan yang efektif? Tentu saja adalah dengan membuat semua kalimat di dalamnya menjadi efektif. Cara yang dapat dilakukan antara lain:

Gunakan bahasa konkrit

Jangan gunakan bahasa yang susah untuk dibayangkan oleh pembaca. Spesifiklah dalam mendeskripsikan segala sesuatu. Contoh:

The lovely sound of nature woke me. (ineffective)
The wind in the trees and a bird’s chirping woke me. (effective)

Gunakan kalimat positif

Tulisan yang bagus adalah tulisan yang menggunakan pernyataan langsung dan positif. Gunakan kata “not” hanya ketika gagasan negatifnya bersifat empatik. Selain itu, selalu gunakan kalimat yang mempunyai susunan kata positif (tidak mengandung “not“) di dalamnya. Contoh:

Indirect: He did not like the Chef’s food.

Direct: He disliked the Chef’s food.

Indirect: Rahma is a good leader. She does not hesitate to make any quick decisions, and she doesn’t like to blame other people for her mistakes.

Direct: Rahma is a good leader. She is decisive and responsible.

You may also like