Belajar Bahasa Inggris melalui Musik

by on

Musik adalah karya seni yang menggunakan medium suara dalam penciptaannya. Musik memiliki begitu banyak genre seperti pop, rock, jazz, blues, metal, folk, dangdut, musik tradisional, dan genre lainnya yang mungkin jarang kita dengar tapi memiliki penikmatnya sendiri.

Musik memiliki banyak fungsi. Ia bisa memberikan efek tenang, semangat, menyegarkan bahkan bisa juga dijadikan sebagai media kritik sosial. Nah, musik juga bisa menjadi teman sekaligus alat kita belajar bahasa Inggris.

Kamu pasti tidak asing dengan Lady Gaga, Ed Sheeran, Adele dan penyanyi yang albumnya baru saja memenangkan penghargaan Grammy, Taylor Swift. Lirik lagu-lagu para musisi internasional biasanya ditulis dalam bahasa Inggris. Oleh sebab itu, kita bisa menikmati musik sambil mempelajari liriknya. Musik rap terkadang seringklai menggunakan aksen dan struktur grammar yang tidak umum, kalau kamu pembelajar pemula kamu bisa mulai dari lirik lagu-lagu pop yang sederhana dan lebih mudah dicerna.

Berikut yang bisa kamu lakukan:

  • Dengarkan dan catat lirik

Kehadiran internet memudahkan kita untuk menemukan lirik suatu lagu. Kamu tinggal buka Google dan ketik judul dan penyanyi yang ingin kamu unduh liriknya. Tapi, cara praktis ini kadang bikin kita jadi malas. Coba cara orang dulu dalam menghafal lirik. Dengarkan lagunya pelan-pelan. Berkali-kali. Play…Pause…Play…Pause…sambil dicatat. Ini memang cara manual yang menghabiskan banyak waktu, tapi dijamin kamu akan lebih banyak belajar. Kamu jadi belajar mendengar dan menulis ejaan suatu kata. Berikan jeda 1 baris setiap setelah satu kalimat. Kalau sudah selesai, kamu baru cek Google dan cocokkan catatanmu dengan lirik sesungguhnya. Kalau ada yang salah, kamu bisa perbaiki.

  • Cari tahu artinya

Setelah kamu punya catatan liriknya. Coba kamu pahami artinya. Kadang-kadang keindahan suatu musik justru ada pada liriknya. Kurang seru mendengarkan lagu tanpa tahu maknanya, kan? Jangan malas untuk buka kamus. Kamu juga boleh cek artinya di Google dan jangan lupa dicatat artinya di bawah kata, frasa atau kalimat yang tidak kamu tahu artinya.

  • Nyanyikan

Bernyanyi terbukti membantu menghilangkan stres loh! Setelah kamu selesai dengan lirik, sekarang saatnya kamu bersenang-senang bersama penyanyi favorit kamu. Bernyanyilah bersama. Dengan begini kamu juga jadi belajar pelafalan kata bahasa Inggris. Tapi hati-hati jangan sampai mengganggu orang rumah apalagi tetangga.

Selamat bernyanyi dan selamat belajar!

visit our website:
Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
FB: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso

You may also like