Belajar Bahasa Inggris dengan Membaca

by on

The more that you read, the more things you will know. The more that you learn, the more places you’ll go. – Dr. Seuss

Membaca adalah sebuah proses yang menyenangkan. Ia mengasah imajinasi dan daya nalar seseorang. Membaca memberikan banyak sekali ilmu pengetahuan dan pelajaran yang kadang tidak kita temukan di kelas dan menawarkan banyak perspektif baru. Kita tak harus selalu setuju dengan apa yang dikatakan sang penulis, tapi dengan membaca kita menjadi lebih kritis untuk menanggapi suatu hal.

Membaca juga dapat menjadi metode yang seru untuk belajar bahasa Inggris. Dengan membaca teks berbahasa Inggris, kita mulai membiasakan otak kita untuk tak lagi merasa asing dengan suatu kata dan strukturnya. Jika di kelas kita terbiasa belajar dengan hanya satu/dua kalimat atau dua/tiga paragraf, dengan membaca buku kita melatih dan menantang diri untuk belajar struktur kalimat yang lebih rumit, tenses dan bahkan nada suatu karya.

Sama seperti juga film, membaca memberikan kita kesempatan untuk belajar bahasa Inggris dalam suatu konteks. Selain itu, kita juga belajar cara menulis yang baik. Jika kita membaca buku-buku yang bagus, kita jadi belajar struktur, pilihan kata, dan nada yang seperti apa yang menjadikan suatu buku sangat layak dibaca. Jika kita membaca buku yang kurang bagus, kita jadi belajar hal-hal apa saja yang menjadikan suatu buku kurang enak dibaca dan menghindarinya.

Kita bisa mulai dari membaca tulisan-tulisan yang pendek seperti cerpen dan artikel berita. Jika kamu merasa kemampuanmu sudah lebih dari itu, kamu bisa mulai membaca novel panjang dan buku-buku lainnya atau bahkan mempelajari puisi berbahasa Inggris.

Berikut beberapa tips belajar bahasa Inggris dengan membaca.

  • Pilih buku yang sesuai

Pilih buku yang sesuai umur dan kemampuanmu. Mustahil bagi pemula untuk belajar bahasa Inggris dengan membaca Shakespeare. Bahkan orang Inggris sendiri belum tentu memahami karya-karya Shakespeare. Tentunya akan mengganggu keseruan membaca kalau kamu harus terus buka kamus setiap tiga kata. Jika kamu pemula, coba mulai baca artikel-artikel berita di The Jakarta Post, Jakarta Globe atau website-website basis Amerika seperti www.newyorker.com, www.huffingtonpost.com. Kamu juga bisa mulai membaca cerita dongeng atau cerita anak berbahasa Inggris atau cerita pendek yang mudah dibaca.

  • Buat catatan

Jika kamu menemukan kata yang sulit, buka kamus. Tuliskan arti kata tersebut di dekat kata yang kamu temui. Kalau kamu tetap bisa mengerti arti kalimat tanpa mengetahui arti salah satu katanya, kamu bisa lewati dan terus membaca supaya tidak mengganggu proses membaca kamu. Kamu bisa highlight kata tersebut dengan stabilo dan cari artinya setelah selesai membaca satu bab atau keseluruhan buku. Kalau kamu tipe orang yang senang mengoleksi buku dalam keadaan utuh, rapih, bersih kamu bisa tempelkan post-it catatan kamu di halaman buku sehingga kamu tidak perlu mencoret-coret bukunya.

  • Baca terus

Baca sesering mungkin. Tingkatkan terus kapasitas membacamu. Jika biasanya kamu hanya membaca satu buku dalam seminggu. Buat target setiap bulannya untuk menambah bacaanmu. Misalnya, jadi dua buku dalam seminggu. Bertukar referensi buku dan diskusi dengan teman juga bikin proses membaca dan belajarmu jadi tambah asik.

Berikut beberapa fiksi yang bisa kamu baca untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris-mu. (Urutan dari yang paling mudah)

  1. Dr.Seuss (cerita anak Dr.Seuss mudah untuk dibaca dan tidak terlalu susah)
  2. Peter Pan –  J.M. Barrie
  3. Charlotte’s Web – E.B. White
  4. Fantastic Mr. Fox – Roald Dahl
  5. Tuesdays with Morrie – Mitch Albom
  6. Trilogi The Hunger Games – Suzanne Collins
  7. Harry Potter – JK. Rowling
  8. the Fault in Our Star – John Green (buku-buku Green yang lain juga cukup enak dan mudah dibaca)
  9. Everyday – David Levithan
  10. the Catcher in the Rye – J.D. Salinger
  11. the Old Man and the Sea – Ernest Hemingway
  12. Huckleberry Finn – Mark Twain
  13. The Tell-Tale Heart – Edgar Allan Poe (dan cerpen-cerpen lain Poe)
  14. Animal Farm -George Orwell
  15. Lord of the Flies – William Golding
  16. To Kill A Mockingbird – Harper Lee
  17. Da Vinci Code – Dan Brown
  18. Pride and Prejudice – Jane Austen
  19. Mr. Dalloway – Virginia Woolf
  20. Frankenstein – Mary Shelley

Selamat membaca, selamat berpetualang di imajinasi dan selamat belajar!

Kalau kamu punya referensi lain silahkan komen di bawah ini.

 

visit our website:
Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
FB: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso

You may also like

4 Comments
  1. zxczxc 4 years ago

    hmm keren ya tips nya

    • Devi R. Pratiwi 3 years ago

      Terima kasih. Selamat membaca! Jangan lupa install aplikasi Bahaso di handphone kamu ya 🙂

  2. fatimah 4 years ago

    makasih banget tips dan rekomen bukunya 🙂

    • Devi R. Pratiwi 3 years ago

      Terima kasih. Selamat membaca! Jangan lupa install aplikasi Bahaso di handphone kamu ya 🙂

Comments are closed.