Penulisan Tanggal dalam British English

by on

Hai Learners! Meskipun terdengar remeh-temeh, penulisan tanggal merupakan hal yang penting dan paling sering salah. Kamu sudah tahu cara penullisan tanggal dalam bahasa Inggris yang tepat?

Penulisan tanggal dalam bahasa Inggris bisa dilakukan dalam berbagai cara. Akan tetapi cara itu dikelompokkan kedalam dua kategori besar, yaitu cara yang  biasa digunakan oleh orang-orang Inggris (British standard) dan cara yang biasa digunakan oleh orang-orang Amerika (American standard). Bagaimana perbedaan keduanya?

British standard

Umumnya, orang-orang  Inggris (British) menulis tanggal dengan format tanggal-bulan-tahun meskipun bentuk penulisannya berbeda-beda. Sebagai contoh, jika kita ingin menuliskan tanggal 25 Agustus 2016 maka kita bisa menuliskannya:

  • 25 August
  • 25 August 2016
  • 25th August 2016
  • The 25th of August 2016
  • The 25th of August, 2016

Perhatikan bahwa penulisan tanggal dengan British standard terkadang memakai cardinal numbers setelah angka (st, nd, rd, th), dan, meskipun sangat jarang dilakukan karena terlalu formal, menggunakan pasangan the dan of. Semakin panjang bentuknya, semakin formal pemakaiannya.

Penulisan tanggal menggunakan British Standard tidak terlalu memerlukan pemakaian tanda baca koma (“,“). Meskipun begitu, koma sering digunakan jika penulisan tanggal disertai dengan penulisan hari dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Thursday, 25 August 2016
  • Thursday the 25th of August, 2016

Tanda baca koma disematkan tepat setelah nama hari jika penulisan tanggal setelahnya tidak memakai atribut the dan of. dan disematkan setelah nama bulan jika terdapat atribut the dan of.

Nah itu tadi penulisan tanggal yang  umumnya digunakan oleh orang-orang Inggris. Lalu bagaimana penulisan tanggal dalam American standard? Nantikan di post selanjutnya ya!

visit our website:
Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
FB: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso

You may also like