Namaste, Learners! Siapa disini yang punya mimpi mau kuliah di luar negeri? Pasti mau dong. Kali ini, Bahaso mau ngenalin ke Learners nih, perguruan tinggi dan universitas mana aja sih yang rankingnya paling atas di masing-masing benua yang ada di dunia ini. Let’s check it out!

 

  1. Harvard University, Amerika Serikat

Terletak di Massachusetts, kampus ini adalah salah satu perguruan tinggi bergengsi di dunia karena sejarah, dan pengaruh dari kampus ini. Berdiri sejak tahun 1636, Harvard University telah melahirkan tokoh-tokoh dunia sukses yang pernah menimba ilmu di kampus ini. Seperti mantan-mantan Presiden Amerika Serikat diantaranya John F. Kennedy, George W. Bush, Barack Obama, serta Theodore dan Franklin D. Roosevelt.

Harvard University berhasil menjadi universitas paling atas di hampir setiap lembaga pemeringkat perguruan tinggi negeri, diantaranya Webometrics dan QS. Perpustakaan milik Harvard University juga digadang-gadang sebagai perpustakaan akademik terbesar di dunia yang memiliki lebih dari 18 juta barang koleksi perpustakaan. Fakultas yang paling terkenal dan banyak diminati di Harvard University adalah Harvard Law School dan Harvard Business School.

  1. Oxford University, United KingdomImage result for oxford university

Pindah ke Benua Eropa, di Benua ini terdapat salah satu perguruan tinggi terkemuka yang terletak di Inggris yaitu Oxford University. Berdiri sejak tahun 1096, nama kampus yang dikenal dengan julukan ‘ancient university’ ini diambil dari letak kotanya yaitu Oxford. Oxford University ada di urutan paling atas ranking universitas-universitas di dunia versi The World’s University Ranking, urutan ke-5 versi QS Top Universities, dan ke-7 versi Academic Ranking World Universities.

Oxford University telah melahirkan alumni-alumni yang juga berpengaruh bagi perkembangan ilmu pengetahuan di dunia. Diantaranya filsuf John Locke dan John Searle, ilmuwan Albert Einstein dan Stephen Hawking,  serta aktris ternama yaitu Rosamund Pike dan Felicity Jones. Indonesia juga mempunyai salah satu anak bangsa yang tercatat pernah menempuh pendidikan di kampus ini yaitu Maudy Ayunda.

  1. National University of SingaporeRelated image

Di kalangan Asia, kehebatan Singapore sudah tidak diragukan lagi. Menurut salah satu artikel di Quora.com pada tanggal 29 April 2018, Singapura terbukti sebagai satu-satunya negara maju di daerah Asia Tenggara. Singapura juga memiliki salah satu perguruan tinggi terkemuka di dunia yaitu National University of Singapore yang saat ini menduduki peringkat 11 di QS World University Ranking menyusul negara-negara seperti Amerika, Inggris, dan Swedia. Di Times Asia, NUS terdaftar di peringkat paling atas perguruan tinggi di Asia.

Dibangun pada tahun 1905, kampus tertua di Singapura ini pada awalnya diperuntukkan sebagai sekolah kedokteran kemudian berkembang menjadi kampus yang komprehensif menawarkan berbagai disiplin ilmu. Diantaranya ilmu kedokteran, hukum, seni, lingkungan, teknis, bisnis, dan seterusnya. National University of Singapore sudah melahirkan banyak tokoh hebat dan sebagian besar adalah politikus yang menjabat di negaranya. Seperti Goh Chok Tong (mantan PM Singapura) dan Mahathir Mohamad (PM Malaysia).

  1. Australian National UniversityRelated image

Australian National University adalah satu-satunya kampus yang dibangun oleh parlemen Australia pada tahun 1946. Dikutip dari Wikipedia, kampus yang berlokasi di Canberra ini dinobatkan sebagai kampus paling bersih nomor 2 di Australia karena memiliki lebih dari 10.000 pohon di lingkungan kampus. Australian National University memiliki 7 fakultas diantaranya fakultas seni dan ilmu sosial, fakultas hukum, fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas teknik dan ilmu komputer, fakultas kedokteran, biologi dan lingkungan, serta fakultas ilmu fisika dan matematika. Kampus ini telah mencetak alumni-alumni hebat dan berpengaruh yaitu salah satunya Kevin Rudd yang merupakan mantan perdana menteri Australia.

  1. University of Cape TownRelated image

Menempati peringkat teratas universitas terbaik di Afrika menurut QS ranking, University of Cape Town didirikan tahun 1829 dan diresmikan pada tahun 1918 dan terletak di Western Cape, Cape Town, Afrika Selatan. Terdapat enam fakultas yang ada di University of Cape Town, yaitu fakultas ekonomi, teknik dan lingkungan, ilmu kesehatan, humaniora, hukum, dan sains. Alumni dari kampus bergengsi di Afrika ini salah satunya ialah J. M. Coetzee yang dua kali memenangkan the Booker Prize dan mendapatkan penghargaan nobel di bidang literatur pada tahun 2003.

Jadi, kalian mau daftar ke Universitas mana nih, Learners? Sebelum daftar, persiapkan diri dulu yuk, Learners dengan belajar di Bahaso bahaso.com Gaya Zaman NOW! (Gratis 3 lesson pertama). Dan ikuti kelas tutoring online IELTS dan TOEFL di bahaso.com/class, diskon sepanjang tahun!


Ayo Download dan
Tes Kemampuan Bahasa Kamu di BAHASO!


visit our website:
bahaso.com

Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
PlayStore: bit.ly/BahasoAndroid

Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
LINE@: (@bahaso) http://bit.ly/BahasoLINE
Facebook: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso
Blog: blog.bahaso.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here