5 Idiom dengan Kata “Book”

by on

Kalian pasti pernah mendengar ungkapan “Jangan nilai buku dari kulitnya.” Tahu tidak? Ternyata ungkapan tersebut berasal dari idiom Bahasa Inggris loh, yaitu “Don’t judge a book by its cover.”

Nah, selain idiom tersebut, ada beberapa idiom yang cukup terkenal dan berkaitan dengan kata book atau buku. Berikut adalah lima diantaranya:

 

  1. A closed book

A closed books mempunyai dua arti.

Arti pertama, a closed book digunakan sebagai ungkapan yang berarti suatu kejadian telah berakhir dan pembicaraan mengenai topik tersebut sudah ditutup. Contoh penggunaanya:

As far as she is concerned, her marriage is a closed book.

 

Arti kedua, a closed book merujuk pada seseorang atau sesuatu yang sulit dipahami. Contoh penggunaannya:

  • Economics was a closed book to him.
  • I really like Ryan, but he’s like a closed book to me.

 

  1. An open book

Kebalikan dengan arti dari ungkapan sebelumnya, an open book menunjukan bahwa seseorang/sesuatu terlihat sangat jelas dan bisa diketahui semua orang. Contoh penggunaannya:

 

Amy: Guess what!?

Emma: You just got a new boyfriend?

Amy: How did you know??

Emma: You relationship is an open book. Everyone knows that.

 

  1. By the book

By the book memiliki arti mengikuti peraturan sesuai dengan apa yang tertulis di buku panduan, atau mematuhi peraturan yang ketat. Contoh penggunaan:

Spongebob always tries to do everything by the book.

 

  1. Take a leaf out of someone’s book

Ungkapan ini memiliki arti sebagai tindakan meniru pekerjaan orang lain karena telah terbukti membawa kesuksesan atau keberuntungan. Contoh penggunaan:

Maybe I should take a leaf out of Spongebob’s book and start coming in at ten every morning.

 

  1. Cook the books

Buku dalam ungkapan ini merujuk pada buku akuntasi dan buku-buku lain yang mencatat data keuangan sekelompok orang atau perusahaan. Cook the books merupakan ungkapan yang sering digunakan untuk menyebut tindakan seseorang memanipulasi secara ilegal isi atau angka dalam buku keuangan tersebut. Contoh penggunaanya:

Sam had to lie and cook the books to make the accountant think his business was making money.

 

Nah, itulah 5 idiom dalam Bahasa Inggris yang berkaitan dengan buku, learner. It’s not a closed book for you guys, right? 😉

You may also like