4 Side Hustles untuk Mahasiswa Sastra Inggris

by on
Inget banget deh, dulu waktu kuliah ada saatnya aku bingung mau memanfaatkan waktu luangku untuk apa. Ikut berbagai organisasi kemahasiswaan emang menyenangkan, tapi jujur aja, gak bisa memberikan penghasilan tambahan. Akhirnya aku memutuskan buat cari side hustles untuk mengisi waktu luangku sekaligus dapat penghasilan tambahan. Berdasarkan pengalamanku, berikut adalah beberapa side hustles yang bisa aku rekomendasikan untuk kamu mahasiswa Sastra Inggris. Check it out!

  • Private Tutor

Hal yang paling gampang untuk ngecek seberapa dalam pemahaman kamu tentang ilmu yang udah dipelajari di perkuliahan adalah dengan mengajarkannya kembali ke orang lain. Dengan begitu kamu bisa bisa tau apakah pemahaman kamu sudah benar dan menyeluruh atau belum. Banyak lho orang yang pengen fasih berbahasa Inggris tapi gak tau harus belajar dari mana dan dengan siapa. Mereka inilah yang jadi target kamu. Kamu bisa mulai menawarkan jasamu ke orang-orang yang kamu kenal terlebih dulu. Jadi, selain bisa dapat penghasilan tambahan dengan mengajarkan apa yang kamu tau, kamu juga belajar skills apa aja yang perlu kamu tingkatkan lagi. 

  • Translator

Biasanya side hustle ini diambil oleh mahasiswa semester 4 ke atas yang sudah pede dengan skills Bahasa Inggris mereka. Kenapa? Karena translating itu melibatkan berbagai skills, terutama grammar dan writing skills. Selain itu, ketelitian ekstra dan pengetahuan akan konteks yang sesuai juga dibutuhkan banget di sini. But, don’t worry! Kamu bisa kok mulai menjadi translator dengan mengambil translating job yang kecil-kecilan terlebih dulu, misalnya artikel majalah yang panjangnya hanya 1-2 halaman. Setelah kamu terbiasa, lama-lama kamu akan semakin pede untuk mengambil project yang lebih besar, misalnya menerjemahkan jurnal ilmiah teman kuliah kamu yang beda jurusan.

  • Interpreter

Ini side hustle yang lebih challenging daripada translator. Kalau kemampuan writing dan grammar sangat diperlukan untuk translating, menjadi interpreter membutuhkan kombinasi yang bagus dari semua English skills kamu. Kamu harus mendengarkan, memproses, menerjemahkan, dan menyampaikan informasi tersebut dalam waktu yang bersamaan. Sedikit berbeda dengan translating yang sangat memperhatikan penggunaan grammar yang baku, saat menjadi interpreter kamu bisa mengabaikan detil grammar tersebut asal inti dari informasi yang kamu sampaikan tetap jelas dan tidak melenceng. Untuk kamu yang merasa sudah mempunyai skills yang mumpuni dan tertantang dengan job ini, boleh banget coba ambil job sebagai interpreter! Kita gak akan pernah tau kalau gak mencoba. Siapa tau aja kamu emang berbakat di bidang interpreting. Who knows?

  • Penulis artikel

Nah, ini side hustle yang pas banget buat kamu yang suka nulis! You can pour your  creative ideas here and gain extra money as a bonus. Selain itu, pekerjaan ini pas banget lho buat melatih kemampuan menulis kamu dalam Bahasa Inggris. Sambil menyelam, minum air. Sambil berlatih, dapat pundi-pundi, hehe. Kamu bisa bekerja sebagai kontributor di suatu majalah atau koran online sebagai penulis artikel. Tinggal sesuaikan aja dengan bidang yang kamu sukai. Buat kamu yang pengen jadi blogger, kamu bisa mulai dengan membuat blog kamu sendiri dan menuangkan ide-ide kreatif kamu di situ. Gak jarang lho blogger yang menghasilkan banyak pundi-pundi dari hasil tulisan mereka!

Nah, itu dia Learners beberapa side job yang cocok untuk kamu mahasiswa Sastra Inggris. Gimana? Apakah kamu tertarik untuk nyobain salah satu side hustles di atas? Kalau kamu belum pede dengan skills bahasa Inggris kamu, bisa banget lho kamu manfaatin waktu WFH atau SFH kamu dengan belajar di Bahaso. Mau tau ada course apa aja di Bahaso? Buruan kepoin media sosial Bahaso di:

Instagrambahasodotcom

Twitterbahaso

Facebookbahasocom

Youtubebahaso

You may also like