Hai Learners! Kalian sudah tahu kan bahwa salah satu kunci utama dalam menguasai suatu bahasa adalah dengan menghapal kosa-kata atau vocabulary-nya? Untuk itu perbanyaklah perbendaharaan kata dan hapalkanlah. Tapi, sebanyak apapun kita menghapal kosa-kata, terkadang kita masih saja lupa jika diminta untuk menyebutnya. Nah, untuk kalian yang sering mengalami hal ini, mungkin metode yang kalian pakai untuk menghapal kosa-kata itu belum efektif.

Jadi bagaimana cara menghapal kosa-kata yang efektif? Caranya adalah dengan memasukkannya ke dalam konteks. Terkadang kita lupa arti dari suatu kata karena kita tidak terbiasa menggunakan atau melihat kata itu dalam suatu konteks seperti dalam percakapan atau bacaan. Memasukkan kata itu ke dalam konteks akan lebih memudahkan kita dalam menghapal kata tersebut karena kita dapat melihat hubungan kata yang sedang kita hapalkan dengan kata-kata lain yang membentuk suatu ide.

Lalu darimana kita mendapatkan konteks untuk menghapal kosa-kata? Dengan memperbanyak latihan mendengarkan dan membaca, tentunya. Pada postingan sebelumnya, kita telah membahas cara belajar Bahasa Inggris melalui Youtube channel. Disitu kalian bisa mengasah listening kalian sekaligus menghapal kosa-kata baru. Dalam make-up channel, misalnya, kalian akan jadi lebih hapal kosa-kata apa saja yang sering digunakan oleh para beauty vlogger.

Selain dengan melihat Youtube, kalian juga bisa menambah kosa-kata dengan membaca novel ringan. Untuk kalian yang masih bingung novel apa yang bisa dijadikan alat untuk menambah kosa-kata tanpa membuat sakit kepala, mungkin kalian bisa mencoba beberapa novel ini:

  1. Danny the Champion of the World by Roald Dahl

Buku ini mengisahkan tentang perjalanan hidup seorang anak dan ayahnya yang keras. Buku yang mengharukan ini sangat cocok untuk belajar Bahasa Inggris karena bahasanya yang mudah dimengerti oleh bahkan anak kecil.

  1. Charlotte’s Web by E.B. White

Pernah mendengar judul yang sama dari sebuah film? Yup, buku ini memang akhirnya diadaptasi dalam cerita layar lebar. Charlotte’s Web bercerita tentang persahabatan seekor lebah dan seekor babi. E.B. White terkenal karena gaya penulisannya yang rapih dan sederhana. Jadi buku ini akan sangat pas untuk kamu yang ingin menambah kosa-kata baru tanpa pusing mencari artinya.

  1. A Series of Unfortunate Events by Lemony Snicket

Novel ini mengisahkan tentang anak-anak yang baru saja kehilangan orangtuanya dan harus tinggal dengan bangsawan misterius. Novel ini sangat tepat untuk kalian yang ingin menambah dan menghapal kosa kata baru karena sang penulis benar-benar memberikan penjelasan untuk kata-kata yang sulit.

Nah, itu tadi sebagian novel yang bisa kalian coba untuk menambah kosa-kata tanpa pusing sekaligus meningkatkan Bahasa Inggris kalian. Pastinya, membaca novel juga bisa memberikan pengetahuan mengenai budaya mereka.

visit our website:
Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
FB: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso

 


Ayo Download dan
Tes Kemampuan Bahasa Kamu di BAHASO!


visit our website:
bahaso.com

Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
PlayStore: bit.ly/BahasoAndroid

Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
LINE@: (@bahaso) http://bit.ly/BahasoLINE
Facebook: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso
Blog: blog.bahaso.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here