It is implied in the passage that…

Sebagian besar dari kamu mungkin tidak asing dengan pertanyaan di atas. Pertanyaan ini sering kali muncul dalam soal Bahasa Inggris bagian Reading. Soal semacam ini seringkali digunakan dalam soal ujian atau soal test kemampuan semacam TOEFL yang membuat pelajar bingung.

Pada TOEFL, hampir semua jawaban dibuat agar terlihat mirip dan sesuai dengan bacaan sebelumnya. Kalau sudah begitu yang harus kamu lakukan adalah memahami makna tersembunyi dari pertanyaan di atas. Perlu kamu ketahui bahwa pembuat soal bisa menggunakan berbagai bentuk kalimat untuk menanyakan hal yang sama. Pada soal di atas, terdapat kata “implied” yang menandakan bahwa soal tersebut menanyakan inference atau kesimpulan dari bacaan. Kata-kata lain yang biasa digunakan untuk menanyakan hal serupa adalah “suggest”, “infer” dan lain-lain.

Lalu bagaimana kamu menentukan jawaban, atau dalam kasus ini kesimpulan yang tepat dari bacaan yang telah kamu baca sebelumnya?

Yang perlu kamu lakukan pertama kali tentu saja adalah: membaca pertanyaan dan jawaban dengan seksama. Temukan persamaan dalam pilihan jawaban dan gunakanlah persamaan itu untuk mencari kata kunci di dalam kalimat. Kemudian carilah petunjuk dalam bacaan yang bisa berupa supporting details, kosa-kata yang berlawanan, tone, deskripsi, dll. Setelah menemukan petunjuk, persempit pilihan jawaban yang ada hingga kamu menemukan jawaban yang tepat.

Perhatikan contoh bacaan di bawah ini:

The locations of stars in the sky relative to one another do not appear to the naked eye to change, and as a result stars are often considered to be fixed in position. Many unaware stargazers falsely assume that each star has its own permanent home in the nighttime sky. 
In reality, though, stars are always moving, but because of the tremendous distances between stars themselves and from stars to Earth, the changes are barely perceptible here. An example of a rather fast-moving star demonstrates why this misconception prevails; it takes approximately 200 years for a relatively rapid star like Bernard’s star to move a distance in the skies equal to the diameter of the earth’s moon. When the apparently negligible movement of the stars is contrasted with the movement of the planets, the stars are seemingly unmoving.
The passage implies that from earth it appears that the planets…
a. are fixed in the sky 
b. move more slowly than the stars 
c. show approximately the same amount of movement as the stars 
d. travel through the sky considerably more rapidly than the stars
untuk menemukan jawaban yang tepat, bacalah pertanyaan dan jawaban dengan seksama. Pertanyaan di atas menanyakan tentang planet. Apa yang diminta dicari mengenai planet? Bentuknya? Jenisnya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, perhatikan pilihan jawaban. Kata-kata yang bermakna hampir sama atau mempunyai keterkaitan dalam setiap pilihan jawaban yaitu “fixed”, “move”, “movement”, dan “travel“. Keempat kata tersebut adalah kata yang digunakan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan posisi atau pergerakan. Yang harus kamu lakukan berikutnya adalah mencari kata “planets” dan padanan kata atau kata yang masih relevan dengan kata-kata tersebut di dalam bacaan.
Dalam bacaan tersebut, hanya terdapat satu kalimat yang menyebutkan mengenai planet, yaitu: When the apparently negligible movement of the stars is contrasted with the movement of the planets, the stars are seemingly unmoving.
Perhatikan bahwa kalimat tersebut terdapat kata “contrasted“. Kata ini dapat dijadikan sebagai petunjuk bahwa kalimat ini merupakan kalimat perbandingan. Apa yang dibandingkan? Yang dibandingkan adalah movements atau pergerakan antara bintang dan planet. Bagaimana pergerakan keduanya? dalam kalimat disebutkan bahwa bintang nampak “unmoving” atau tidak bergerak sama sekali. Lalu bagaimana dengan pergerakan planet? Kembali lagi pada petunjuk awal “contrasted” yang berarti “sebaliknya“. Kebalikan kata dari “tidak bergerak sama-sekali” tentu saja “bergerak”.
Langkah selanjutnya adalah persempit pilihan jawaban. Pilihan jawaban (a) jelas tidak benar karena “fixed” hampir sama maknanya dengan “unmoving” yang merupakan deskripsi dari pergerakan bintang, bukan planet. Pilihan jawaban (b) kurang tepat, karena meskipun dalam kalimat tersebut dikatakan bahwa planet “bergerak”, pergerakannya tidak bisa lebih lambat dari gerakan bintang (unmoving). Jawaban (c) juga salah karena pergerakan planet dan bintang jelas berbeda dan saling berkebalikan sifatnya. Pilihan jawaban (d) merupakan pilihan jawaban yang paling tepat, karena selain menunjukan adanya perbedaan antara pergerakan bintang dengan planet, jawaban (d) juga menekankan bahwa pergerakan planet lebih cepat (more rapidly) daripada pergerakan bintang yang  nampak seperti tidak gerak sama-sekali.
visit our website:
Donwload aplikasi Bahaso:
Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
FB: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso

Ayo Download dan
Tes Kemampuan Bahasa Kamu di BAHASO!


visit our website:
bahaso.com

Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
PlayStore: bit.ly/BahasoAndroid

Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
LINE@: (@bahaso) http://bit.ly/BahasoLINE
Facebook: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso
Blog: blog.bahaso.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here