Kalau kamu berpikir bahwa satu-satunya cara untuk membicarakan masa depan adalah menggunakan modal will, maka kamu harus membaca artikel ini.

Kamu mungkin bukan satu-satunya yang berpikir demikian, tapi tahu tidak? Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membicarakan masa depan atau future dalam Bahasa Inggris. Apa saja kah cara itu?

Sebelum kita membahas cara-cara yang bisa digunakan, sebaiknya kita paham dulu mengenai konsep “masa depan” dalam Bahasa Inggris. Jadi dalam Bahasa Inggris, “masa depan” bukan hanya untuk menceritakan kejadian yang mungkin akan terjadi, melainkan juga mencakup janji-janji, rencana-rencana dan maksud seseorang di waktu mendatang. Nah, setiap dari cakupan itu mempunyai cara yang berbeda dalam penyampaiannya. Langsung simak aja yuk bagaimana cara penyampaian kalimat mengenai masa depan yang benar!

 

Menggunakan will

Will mungkin menjadi salah satu cara yang paling sering digunakan dan yang paling kita kenal sebagai kata penanda kalimat masa depan atau future tense. Padahal, meskipun dikenal luas sebagai salah satu komponen pembentuk future tense, will tidak selalu digunakan di dalam kalimat yang sedang membicarakan semua hal yang ada di cakupan “masa depan” seperti yang sudah dijelaskan di atas. Will secara umum digunakan untuk menyatakan prediksi atas sesuatu hal sederhana yang mempunyai kemungkinan terjadi sangat besar.

Contoh kalimat: The sun will rise at 6 a.m. tomorrow.

Pernyataan tersebut bisa saja salah: bisa jadi matahari tidak bersinar pada jam 6 tepat, melainkan jam setengah 7. Akan tetapi kalimat tersebut mempunyai kemungkinan besar untuk terjadi, terlebih jika kalimat tersebut diucapkan pada musim semi/ musim kering dan didukung oleh laporan perkiraan cuaca.

 

Menggunakan be going to

Be going to mungkin merupakan frasa kedua yang dikenal untuk membicarakan masa depan. Banyak orang bahkan sering bingung mengenai perbedaan penggunaan will dan be going to. Kalau kamu termasuk salah satunya, mungkin kamu perlu membaca salah satu artikel di blog ini yang berjudul Will vs. Be Going ToSecara umum, be going to sering digunakan untuk mengungkapkan maksud seseorang atau rencana yang sudah dibuat sebelumnya.

Contoh kalimat:

  • I am going to buy a new car next year.
  • She is going to visit her grandma this weekend.

Kedua kalimat di atas menunjukan maksud dari subyek dalam kalimat, dan penggunaan be going to (am going to; is going to) menunjukan bahwa rencana/maksud/tujuan subjek dari kalimat (I; She) sudah diputuskan sebelum pembicaraan berlangsung dan sebelum kalimat tersebut terucap.

 

Menggunakan present continuous tense

Present continuous digunakan untuk membicarakan hal yang sedang terjadi atau sedang dilakukan. Namun tidak jarang, present continuous juga digunakan saat membicarakan kejadian masa depan. Lebih tepatnya, present continuous digunakan ketika membicarakan rencana atau janji dengan orang lain. Agak berbeda dengan be going to, present continuous digunakan untuk menyebutkan rencana yang mungkin terjadi dalam waktu yang sangat dekat. Meskipun begitu, seringkali, tidak ada perbedaan makna yang signifikan saat membicarakan kejadian masa depan menggunakan be going to atau present continuous.

Contoh kalimat:

  • She’s visiting her grandma this weekend.
  • I’m meeting a new client this afternoon.

Satu hal yang harus selalu kamu ingat adalah kalimat ini dimunculkan sebelum kejadian yang mereka sebutkan terjadi.

 

Menggunakan present simple tense

Fungsi utama dari present simple tense adalah untuk menyatakan kebiasaan atau rutinitas. Namun sama halnya dengan present continuous, present simple juga bisa digunakan untuk menyebutkan hal yang akan terjadi di masa depan. Berbeda dengan present continuous yang digunakan ketika menyebut rencana dengan seseorang, present simple digunakan ketika menyebutkan hal yang sudah pasti akan terjadi di waktu mendatang karena kita tahu bahwa fakta yang tertulis berkata demikian.

Contoh kalimat:

  • We have a class next Monday.
  • My train leaves at six tonight.

Kita juga bisa menggunakan present simple ketika kalimat yang menceritakan masa depan diikuti oleh kata-kata tertentu seperti before / after / as soon as / until / when.

Contoh kalimat:

  • I’ll call you when I get home.
  • She’s going to study after she finishes dinner.

Itu tadi empat cara yang bisa kamu gunakan saat membicarakan masa depan. Jangan lupa untuk memberikan saran dan masukan di kolom komentar di bawah ya!

visit our website:
Donwload aplikasi Bahaso:
Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
FB: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso

Ayo Download dan
Tes Kemampuan Bahasa Kamu di BAHASO!


visit our website:
bahaso.com

Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
PlayStore: bit.ly/BahasoAndroid

Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
LINE@: (@bahaso) http://bit.ly/BahasoLINE
Facebook: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso
Blog: blog.bahaso.com

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here