kata-kata bijak

Walapun berbeda satu huruf, “affect” dan “effect” memiliki makna yang berbeda. Salah menulis dan kalimat yang kamu maksud akan mengandung pengertian berbeda.

Namun sebagian orang yang sedang belajar Bahasa Inggris, mungkin merasa sangat kesulitan membedakan kedua kata ini. Hal ini mungkin disebabkan juga disebabkan karena pronounciation atau palafalan kedua kata tersebut yang terdengar agak mirip bagi telinga kita.

Jadi sebenarnya dimana letak perbedaan keduanya dan bagaimana cara mengingatnya? langsung simak jawabannya di bawah ini ya.

Beda Pengucapan

Affect dan effect mempunyai perbedaan dalam pengucapan. Untuk melihat detil pengucapannya, coba perhatikan video dibawah ini:

Kalau kamu jeli, kamu pasti menyadari bahwa pengucapan huruf “a” dalam kata affect dalam Bahasa Inggris lebih mirip pengucapannya dengan huruf “e” dalam kata “teki” dalam Bahasa Indonesia, sedangkan “e” dalam kata effect lebih mirip dengan bagaimana orang Indonesia mengucapkan huruf “i”.

Jika ditulis secara fonetik maka affect akan berupa /əˈfekt/ sedangkan effect adalah /əˈfekt/

Beda Makna

Affect merupakan kata kerja. Dalam Bahasa Indonesia, affect lebih dekat artinya dengan “berdampak”, “menimbulkan dampak”, atau “mempengaruhi”. Jadi affect hanya digunakan ketika kita ingin menunjukan bahwa suatu hal menimbulkan dampak atau mempengaruhi hal lain.

Lain halnya dengan effect yang berfungsi sebagai noun atau kata benda. Effect ditujukan untuk menjelaskan “dampak yang terjadi” atau “hasil dari suatu kejadian”. Jadi effect merupakan sesuatu yang “ditimbulkan” atau “disebabkan”.

Layaknya kata kerja lain, affect dapat mengalami perubahan ke berbagai macam bentuk seperti base form (affect) menjadi -s/-es form (affects), –ing form (affecting), past tense form dan past participle form (affected) Sedangkan effect hanya mempunyai dua bentuk: singular (effect) dan plural (effects).

Cara paling gampang mengingat agar tidak terbalik penggunaan antara dua kata tersebut adalah dengan menggunakan jembatan keledai R.A.V.E.N; Remember: Affect is a Verb, Effect is a Noun (Ingatlah bahwa affect adalah kata kerja, effect adalah kata benda).

Bagaimana? Sudah paham? Ayo kita coba uji pemahaman kamu dengan menebak penggunaan yang affect dan effect yang benar dalam kedua kalimat ini:

  1. These sights and sounds had no depressing or intimidating effect on him; on the contrary, they stimulated his energy and determination.
  2. These sights and sounds had no depressing or intimidating affect on him; on the contrary, they stimulated his energy and determination.

Manurut kamu, manakah dari kedua kalimat itu yang benar?


Ayo Download dan
Tes Kemampuan Bahasa Kamu di BAHASO!


visit our website:
bahaso.com

Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
PlayStore: bit.ly/BahasoAndroid

Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
LINE@: (@bahaso) http://bit.ly/BahasoLINE
Facebook: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso
Blog: blog.bahaso.com

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here