Saat membaca bacaan dalam Bahasa Inggris, tak jarang kita menemukan kata sukar yang belum pernah kita jumpai. Jika sudah seperti itu, yang biasanya orang lakukan adalah membuka kamus. Tapi tahukah kamu bahwa adalah suatu cara yang bisa dilakukan sebelum kamu memutuskan untuk membuka kamus tebal nan berat-mu itu?

Cara itu disebut dengan context cluesContext clues merupakan cara menebak makna kata berdasarkan konteks bacaan. Jadi pada dasarnya kita hanya menebak-nebak arti dari kata tersebut. Langkah yang dapat kita lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Lihatlah arti kata-kata lain dalam kalimat yang sama untuk menarik hubungan dengan kata yang sedang dicari. Jadi semisal kalian mendapati kalimat sebagai berikut:

I removed the __________ from the shelf and began to read.

Saat melihat kata shelf (rak) dan read (membaca), otak kita mungkin sudah bisa menebak kata apa yang seharusnya diisikan ke dalam kalimat, yaitu buku atau sejenisnya.

  1. Perhatikan penggunaan grammar dan punctuation yang menunjukan hubungan antar bagian dalam kalimat. Semicolon (“;”) dan comma (“,”) biasanya memberikan kita arti lain dari sebuah kalimat atau kata, seperti contoh dibawah ini:

Nadia is a scrooge; she does not want to spend money on anything if she can get it free.

Beberapa dari kita mungkin tidak familiar dengan kata scrooge. Tapi jika kamu membaca kalimat setelah tanda baca semicolon she does not want to spend money on anything if she can get it free (dia tidak mau mengeluarkan uang untuk sesuatu yang bisa ia dapatkan secara gratis), kamu pasti akan tahu bahwa scrooge berarti pelit.

  1. Tak perlu mencari arti kata yang tepat karena yang terpenting adalah kamu tahu arti itu secara umum. Belajarlah untuk terus membaca meskipun kamu tidak tahu apa arti dari suatu kata dalam kalimat itu. Mengetahui makna secara tepatnya kadang tidak terlalu penting dan hanya akan membuang waktu yang kamu miliki.
visit our website:
Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
FB: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso

Ayo Download dan
Tes Kemampuan Bahasa Kamu di BAHASO!


visit our website:
bahaso.com

Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
PlayStore: bit.ly/BahasoAndroid

Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
LINE@: (@bahaso) http://bit.ly/BahasoLINE
Facebook: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso
Blog: blog.bahaso.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here