“Mati listrik”

Kamu pasti sering mendengar frasa di atas. Tapi pernahkah terlintas dipikiran kamu, kenapa harus menggunakan kata “mati”? Mengapa kita tidak bisa mengganti kata “mati” dalam frasa “mati listrik” menjadi “meninggal listrik”, atau “hilang hayat listrik”? Pasti jawabannya karena hal tersebut tidak wajar dilakukan dan akan terdengar aneh.

Bahasa kita, Bahasa Indonesia, mempunyai collocations atau kolokasi. Apa itu collocations? Collocations atau kolokasi adalah kombinasi dua atau lebih kata yang sangat umum digunakan bersama-sama. Karena sangat umum, orang akan merasa aneh jika suatu kata tidak dibarengi kata yang biasa mendampinginya. Contohnya adalah frasa di atas. Collocations juga terdapat di semua bahasa, tak terkecuali Bahasa Inggris.

Contoh collocations yang paling umum digunakan dalam Bahasa Inggris adalah:

taken from http://dictionary.cambridge.org/grammar/british-grammar/about-words-clauses-and-sentences/collocation

Beberapa kolokasi tergolong lemah, artinya gabungan katanya masih dapat diubah-ubah asalkan makna frasanya tetap sama. Contoh adalah frasa large house masih bisa diganti dengan enormous house, huge house, grandiose house, dan lain-lain.

Beberapa kolokasi juga dikategorikan sangat kuat, artinya sedikit sekali, atau bahkan tidak ada kata lain yang dapat menggantikan kombinasi kata dalam suatu frasa.

Contoh kolokasi yang kuat adalah kata yang mendampingi kata benda wish. Kata benda wish hanya bisa didampingi oleh kata make, express dan fulfill.

Tidak rumus yang pasti untuk menentukan gabungan kolokasi tersebut, jadi bagaimana cara yang dapat kamu menghapal keseluruhannya? Kamu bisa menghapal keseluruhan jika kamu sudah sering terpapar dengan bahasa aslinya. Cara yang dapat kamu lakukan tentu saja, rajin-rajinlah membaca buku yang ditulis menggunakan Bahasa Inggris asli. Perbanyak juga konsumsi film dan video-video pendek kontennya berbahasa Inggris, bukan terjemahan tentunya. Dan yang pasti, belajarlah untuk mereproduksi kolokasi-kolokasi yang sudah pernah kamu temui dengan cara mencatatnya dan menggunakannya secara lisan maupun tulisan.

_______________________________________________________________________

Referensi:

http://dictionary.cambridge.org/grammar/british-grammar/about-words-clauses-and-sentences/collocation

https://www.englishclub.com/vocabulary/collocations.htm

visit our website:
Donwload aplikasi Bahaso:
Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
FB: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso

Ayo Download dan
Tes Kemampuan Bahasa Kamu di BAHASO!


visit our website:
bahaso.com

Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
PlayStore: bit.ly/BahasoAndroid

Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
LINE@: (@bahaso) http://bit.ly/BahasoLINE
Facebook: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso
Blog: blog.bahaso.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here