Mengenal Lebih Dalam Tentang Adjective Clause

by on

Hai Learners! Kamu pasti sudah tahu kan apa itu clause (jamak: clauses). Kalao belum kalian bisa baca di sini.

Seperti yang telah diketahui, dependent clause atau anak majemuk dapat berfungsi sebagai noun clause, adverb clause, maupun adjective clause. Nah, pada kesempatan kali ini kita mau membahas mengenai adjective clause.

Sama halnya dengan dependant clause lainnya, adjective clause merupakan satu kalimat yang tidak utuh dan tidak dapat berdiri sendiri. Agar dapat berfungsi dengan baik, adjective clause harus didampingi dengan kalimat induk atau dependant clause. Adjective clause juga digunakan untuk menjelaskan kata benda (nouns) di dalam kalimat utama atau kalimat induk. Perhatikan contoh berikut ini:

A true friend is someone who understands you the most.

A true friend is someone merupakan kalimat utama atau kalimat induk dalam kalimat tersebut. Kalimat tersebut akan sedangkan who understands you the most merupakan kalimat penjelas dari kata benda “someone” dalam kalimat sebelumnya sehingga klausa ini disebut dengan adjective clause.

Adjective clause juga memiliki karakteristik tertentu yang membuatnya dapat disebut sebagai adjective clause. Karakteristik atau syarat utama dari sebuah ajective clause tersebut adalah:

  1. Mempunyai subject dan verb
  2. Di awali dengan salah satu dari relative pronouns, yaitu who, whose, that dan which, atau relative adverbs yaitu when, where dan why.
  3. Memberi keterangan lebih lanjut mengenai suatu benda seperti siapa, yang mana, berapa banyak benda/ orangnya, bagaimana bentuknya, seperti apa rasanya, berapa besar, apa warnanya, dan lain-lain.

Ada dua cara untuk membentuk adjective clause, yaitu:

  1. Menambahkan relative pronouns atau relative adverbs dalam klausa yang sudah mempunyai subject dan verb.

Relative pronouns/ relative adverbs + subject + verb

– My mother, whom I love so much, bought me a new dress yesterday.

– The dress that she bought yesterday is very pretty.

– They went to a restaurant where they first met.

  1. Menjadikan relative pronouns atau relative adverbs sebagai subject dari klausa.

Relative pronouns/ relative adverbs + verb

– A true friend is someone who understands you the most.

– A ring that is on her pinky finger was given by her grandmother.

Sedangkan menurut jenisnya, adjective clause dibagi menjadi:

  1. Non-defining atau non-essential

Klausa ini hanya menyediakan informasi tambahan mengenai sebuah benda yang jika tidak disertakan tidak akan mengubah isi dari kalimat utama. Klausa ini ditandai dengan dengan adanya koma sebelum dan/atau sesudah adjective clause.

Contoh:

– My brother, who works in the army, is going to visit me next month.

  1. Defining atau essential

Klausa ini menyediakan informasi penting mengenai sebuah benda yang jika tidak disertakan akan mengubah isi dari kalimat utama. Klausa ini tidak disertai dengan koma sebelum dan/atau sesudahnya. Relative pronouns yang sering digunakan dalam klausa ini adalah that.

Contoh:

– The dress that I wore yesterday is torn apart.

You may also like