kata-kata bijak

Kata-kata yang kita gunakan tentunya berasal dari kata yang diucapkan orang lain yang kemudian kita tirukan. Pernahkah kamu bertanya-tanya mengenai darimana atau bagaimana sebuah kata-kata tersebut terbentuk? Jawabannya tentu bermacam-macam, tergantung dari kata yang ditanyakan.

Ada yang mengatakan bahwa kata-kata, terutama kata benda, terbentuk dari bunyi, bentuk maupun rupa suatu benda. Mungkin kalian juga pernah mendengar asal suatu kata dari sejarah kenegaraan penutur kata tersebut. Tak hanya itu, ternyata ada juga kata-kata yang berasal dari nama seseorang. Nama orang? Iya nama orang!

Penasaran seperti apa kata-kata tersebut? Dibawah ini adalah lima kata dalam Bahasa Inggris yang berasal dari nama seseorang, beberapa di antaranya kamu pasti pernah ucapkan.

Boycott

Boycott merupakan kata kerja yang juga bisa berfungsi sebagai kata benda. Arti kata-nya sendiri tidak jauh beda dengan Bahasa Indonesianya, “boikot“, yaitu “bersekongkol menolak untuk bekerja sama”. Jadi kenapa kata ini dikatakan berasal dari nama orang? Jadi kabarnya dahulu kala di daerah Irlandia, County Mayo, hidup seorang estate manager (manager perkebunan) yang merupakan mantan kapten pasukan Inggris bernama Charles Boycott. Pada masa kekuasaannya, daerah Irlandia sedang terancam bencana kelaparan. Oleh karena itu, Irish National Land League atau Liga Nasional Pertanahan Irlandia meminta Boycott untuk menurunkan biaya sewa tanah. Namun Boycott berkeras menolak himbauan tersebut. Sebagai akibatnya, Liga tersebut memberikan balasan dalam bentuk pengucilan sosial; para buruh menolak bekerja untuknya, pedangang tidak mau menjual barang kepadanya, tukang pos tidak mau mengantar surat-surat dari maupun untuk keluarga Boycott. Kejadian inis sangat fenomenal hingga akhirnya nama Boycott diidentikkan dengan tindakan persekongkolan untuk menolak sesuatu.

Cardigan

Pasti banyak di antara kalian yang tidak pernah terbayang  bahwa salah nama satu artikel pakaian yang dapat dikenakan pria maupun wanita ini berasal dari nama seseorang. Adalah James Brudenell yang mempunyai gelar sebagai Earl of Cardigan ke-tujuh yang pertama kali “memperkenalkan” jenis pakaian ini. Brudenell yang saat itu lebih dikenal dengan Lord Cardigan memerintah pasukannya yang saat itu sedang berusaha menyerang Rusia untuk mengenakan pakaian hasil rancangannya sendiri dari rajutan benang wool agar suhu badan tetap terjaga. Meskipun misinya untuk menyerbu Russia gagal, Lord Cardigan ke-tujuh tetap dihargai sebagai salah satu pahlawan Inggris, dan “peninggalannya” berupa baju hangat berbahan dasar benar wool pun akhirnya mendunia.

Nicotine

Sebagian dari kalian pasti tidak menyagka bahwa zat adiktif satu ini ternyata namanya juga diambil dari nama seseorang. Kata nicotine diambil sari nama seorang sarjana sekaligus diplomat asal Perancis yang bernama Jean Nicot. Jean Nicot adalah orang yang pertama kalii mengenalkan tembakau kepada para konglomerat Inggris untuk obat berbagai penyakit dengan cara menghancurkan tembakau sehingga menjadi bubuk yang dapat dihirup. Seorang penyidik alam asal Swedia kemudian menamai bibit tanam tembakau “nicotiana” sebagai bentuk penghormatan kepada Jean Nicot. Kemudian bahan aktif di dalam tembakau juga dinamai menurut nama bangsawan tersebut menjadi “nicotine“.

Masochism

Masochism merupakan penyebutan untuk kelainan seksual yang dapat dialami seseorang. Istilah ini digunakan untuk menyebut tingkah laku orang yang cenderung menikmati rasa sakit dan akan merasa lebih bergairah setelah disakiti atau dipermalukan. Penyebutan istilah ini didapat dari perilaku ganjil seseorang penulis bernama Chevalier Leopold von Sacher-Masoch yang menandatangi kontak dengan seorang wanita agar dia dapat menjadi budak wanita tersebut selama enam bulan. Pengalamannya kemudian ia jadikan inspirasi untuk karya tulisnya berjudul Venus in Furs. Karena kebiasan yang tidak normal tersebut akhirnya ahli jiwa Richard Freiherr von Krafft-Ebing menamai tingkah laku ini dengan istilah “masochism“.

Silhouette

Silhouette merupakan seni memotong kertas yang memasuki masa kejayaannya pada sekitar tahun 1700-an. Nama dari kerajinan ini diambil dari nama seorang menteri keuangan perempuan asal Perancis, Étienne de Silhouette. Saat masa jabatannya, Silhouette dikenal sangat pelit sehingga ia sering menjadi bahan ejekan para seniman pada masa tersebut. Penggunaan kertas sebagai media merupakan bentuk sindiran terhadap sifat pelitnya karena kertas pada saat itu dianggap sebagai alternatif termurah dan sering diremehkan.

Itulah tadi lima kata yang diambil dari nama seseorang. Kata apa yang paling mengejutkan untuk kamu?

visit our website:
Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
FB: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso

Ayo Download dan
Tes Kemampuan Bahasa Kamu di BAHASO!


visit our website:
bahaso.com

Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
PlayStore: bit.ly/BahasoAndroid

Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
LINE@: (@bahaso) http://bit.ly/BahasoLINE
Facebook: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso
Blog: blog.bahaso.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here