5 Kata Benda Bahasa Inggris yang Selalu Berbentuk Jamak

by on

Learners, ada beberapa kata benda dalam Bahasa Inggris yang jika kamu sebutkan, harus dengan bentuk jamak atau plural. Bisakah kamu menebak kedua-belas kata tersebut. Dikumpulkan dari berbagai sumberberikut adalah daftar kata-kata tersebut:

Trousers dalam British English atau pants dalam American English selalu dituliskan dalam bentuk jamak (mengalami penambahan -s dibelakang). Jaman dulu, trousers sering disebut dalam bentuk singular trouse saja. Namun kemudian kata ini mengalami perubahan dan mendapat tambahan -ers. Kata yang masih berkaitan dan diucapkan dalam bentuk jamak adalah: pants, shorts, leggings, jeans, flares, tights, overalls dan lain-lain.

Contoh kalimat: My mom went to buy me a pair of trousers yesterday.

Saat kamu ingin membicarakan pakaian yang kamu pakai, gunakanlah kata berbentuk jamak clothes. Kata singular cloth juga ada, namun kata berbentuk singular ini mempunyai makna yang berbeda dengan bentuk jamaknya. Cloth sebagai kata benda memiliki artikegiatan memakai baju atau berpakaian, sedangkan cloth sebagai kata benda berarti potongan kain berbahan wool, cotton dsb. Jika kamu hanya ingin menyebut salah satu baju yang kamu kenakan, jangan gunakan cloth, namun sebutlah namanya (contoh: my shirt, my t-shirt, my dress, dll).

Contoh kalimat:

  • It’s raining so hard. My clothes are wet.
  • It’s raining so hard. My shirt is wet.

Scissors memiliki bentuk jamak, karena alat pemotong ini mempunyai dua pisau yang digunakan bersamaan agar dapat berfungsi dengan baik.

Contoh kalimat: Hand me those scissors, please!

Sama halnya dengan scissorsglasses juga selalu disebutkan dengan bentuk jamak karena benda ini memiliki dua kaca (glass + es). Sedangkan kacamata yang hanya mempunyai satu kaca disebut dengan monocle yang berasal dari kata latin mono yang berarti satu.

Kata police selalu berbentuk jamak. Jika kamu ingin mengatakan hanya ada satu orang polisi, maka kamu bisa mengatakan “a police officer” dan bukan “a police“.

Contoh kalimat:

  • The police are still investigating the homicide case.
  • There is a police officer standing in front of my house.

 

 

You may also like