Wajib Tahu! 4 Cara Lancar Ngobrol Bahasa Inggris

by on

Seperti yang kita tahu, menguasai Bahasa Inggris pada zaman sekarang akan memudahkan kita untuk membuka peluang baru di segala aspek kehidupan sehari-hari. Walaupun sudah belajar Bahasa Inggris selama bertahun-tahun, masih banyak nih, Learners yang masih kurang percaya diri ketika harus berbicara dalam Bahasa Inggris. Biasanya, karena mereka takut jika diolok-olok ketika Bahasa Inggris yang mereka katakan salah atau belum sempurna. Rasa takutlah yang menyebabkan banyak Learners enggan melatih kemampuan bicara Bahasa Inggris kepada orang lain secara langsung.

Bahaso kasih 4 tips yang bikin kamu percaya diri ngobrol pake Bahasa Inggris:

1. Jangan takut salah!

Banyak orang yang udah takut duluan kalau disuruh ngomong dalam bahasa Inggris karena khawatir salah grammar, salah pelafalan, dan lain sebagainya. Rasa takut ini harus kita buang jauh-jauh dulu! Untuk pemula, melakukan kesalahan itu adalah hal yang wajar. Dari kesalahan-kesalahan itu, kita akan memperbaiki cara berbahasa Inggris kita, dan kita pun bisa menjadi lebih baik lagi!

2. Jangan Terpaku sama Grammar, Practice Makes Perfect!

Learners, walaupun grammar itu memang penting, tapi jangan terlalu fokus pada grammar. Yang penting kita tahu kosakata umum dan lawan bicara kita bisa menangkap apa yang kita maksud. Mulailah mempraktikkan kata, frasa, atau kalimat yang kita tahu dan yang pernah kita dengar. Kalau sering-sering kita ucapkan, maka kita akan terbiasa. Tambahlah kosakata atau frasa baru secara berkala.

3. Join Latihan bareng Teman Baru Di Bahaso! 

Nah! untuk bisa menerapkan dua poin sebelumnya, kamu perlu orang lain yang jadi lawan bicara kamu. Masalahnya, masih banyak orang yang kebingungan “mau latih skill bicara menggunakan Bahasa Inggris sama siapa ya tanpa di judge?“. Bahaso membuka kelas latih percakapan Bahasa Inggris, yaitu Bahaso Boombastic Talk! Selain kamu melatih skill Bahasa Inggris kamu, program ini juga dapat meningkatkan rasa percaya diri, menambah relasi (networking) dan juga menambah wawasan lebih luas. Daftar disini kalau kamu mau dapetin banyak benefitnya!

4. Latihan dan Persiapan

Cara ini utamanya bisa dilakukan ketika kita akan berbicara menggunakan Bahasa Inggris di depan orang banyak. Berlatih dan menyiapkan yang akan kita ucapkan juga bisa membantu kita lebih percaya diri. Jangan terlalu menghafalkan materi kata per kata, karena denganĀ  begitu kita mudah lupa. Sebaiknya, kita lebih memahami dan menghafalkan inti dari apa yang ingin kita sampaikan saja. Salah satu cara untuk memantapkan diri kita adalah dengan menulis ulang material yang akan kita gunakan dengan kata-kata kita sendiri. Semakin kita menguasai materi yang akan kita sampaikan saat berbicara di depan banyak orang, semakin mudah bagi kita untuk menumbuhkan rasa percaya diri kita saat tampil nanti.

You may also like