Cara membuat Cover Letter dalam Bahasa Inggris melalui email

by on

Ketika melamar pekerjaan, terkadang kita diminta untuk mengirimkan Cover Letter. Sebenarnya, bahkan jika perusahaan secara tidak spesifik menyebutkan, cover letter merupakan hal yang wajib disertakan dengan CV dan atau resume.

Kalau kamu belum tahu apa itu cover letter kamu bisa baca disini. Cover letter yang dikirim melalui email biasanya ditulis di badan email. sebelum mulai menulis cover letter, pastikan kamu telah mengisi subject dengan benar ya.

Subject email biasanya ditentukan oleh perusahaan. Namun jika tidak, kamu harus menulis jelas nama kamu dan posisi yang sedang kamu lamar agar tidak terlewat oleh HRD. Format yang umumnya dipakai adalah Nama kamu – Posisi yang diincar, contoh: John Doe – Business Analyst

Untuk isi dari cover letter sendiri dapat kamu tulis dengan urutan sebagai berikut:

Salam pembuka

Selalu awali cover letter kamu dengan salam pembuka dan jangn lupa gunakan salam pembuka yang baik dan benar. Jika kamu mengetahui nama orang yang akan kamu kirimi email, gunakan namanya dalam salam pembuka. Contoh salam pembuka:

  • Dear Hiring Manager,
  • To Whom It May Concern,
  • Dear Sir/Madam,
  • Dear Human Resources Director,
  • Dear (Nama Terang),

Untuk mengetahui mengenai salam pembuka yang lebih menarik perhatian, kamu bisa membacanya disini.

Badan email

Awali paragraf dengan menyatakan tujuan kamu menulis email. Jangan lupa untuk menyertakan posisi yang sedang kamu incar. Contoh paragraf pembuka:

“I am writing to you regarding the Business Analyst placement that was recently advertised, and would be most grateful if you would consider my application for this position.”

“I am writing to you regarding an opportunity to join your department within the division specialized in selling products on Asian Markets.”

Kemudian ceritakan tentang diri kamu, motivasi dan kualitas diri yang sesuai dengan posisi yang sedang dilamar. Contoh:

In my current position as Senior Business Analyst for Redity, Inc., I excel at connecting with cross-functional decision makers and acquiring necessary and relevant information to inform and direct goal-oriented business solutions to meet organizational needs. From developing complex use case reports and diagrams and analyzing internal policies and laws to liaising between departments and training and supporting staff, I have acquired the knowledge and experience that will allow me to excel as a member of Volway’s team.”

Kamu juga dapat membuat daftar kemampuan kamu seperti contoh dibawah ini:

Consider the following highlights of my qualifications:

  • Extensive experience in collegiate programming and management.
  • Excellent interpersonal and communication skills.
  • ...”

Penutup

Akhiri cover letter kamu dengan menyatakan kembali bahwa kamu berkualitas dan siap untuk bergabung dengan perusahaan tersebut. Namun, ingatlah untuk tidak menggunakan kalimat yang sudah ditulis sebelumnya. Kemudian nyatakan bahwa kamu siap untuk dihubungi kapanpun oleh pihak perusahaan dan ucapkan terimakasih.

Jangan lupa sertakan signature berupa nama jelas serta alamat dan nomor telepon atau email yang bisa dihubungi perusahaan.

Contoh:

John Doe
221B Baker Street
Londong, United Kingdom
John.doe@zmail.com
66678769
LinkedIn: John Doe

 

Sumber:

https://www.thebalance.com/tips-for-sending-email-cover-letters-2058491

https://www.thebalance.com/how-to-address-an-email-cover-letter-2060282

https://myjobsearch.com/jobhelp/how_to_write_the_perfect_cover_letter.html

https://www.thebalance.com/targeted-cover-letter-writing-tips-2060176https://myjobsearch.com/jobhelp/how_to_write_the_perfect_cover_letter.html

Business Analyst Cover Letter

______________________________________________________________________

visit our website:
Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
FB: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso

 

You may also like