Menulis artikel di internet sangat berbeda dengan ketika menulis jurnal akademis. Ada aturan tertentu yang berlawanan dengan apa yang  telah kita pelajari ketika menulis dalam Bahasa Inggris untuk urusan akademis.

Dikutip dari The Content Factory, berikut adalah tanda baca yang perlu kamu perhatikan saat menulis artikel dalam Bahasa Inggris untuk blog maupun media berbasis internet lainnya.

Semicolons (;)

Jika digunakan dalam penulisan yang bersifat akademis, semicolons berfungsi membantu memperjelas makna dalam kalimat. Namun dalam penulisan artikel di website, dianjurkan untuk menhindari penggunaan tanda baca ini agar tulisan yang kamu buat tidak terlalu terkesan formal dan ‘sok’ banget.

Tanda seru (!)

Tanda baca ini juga perlu kamu hindari karena penggunaannya dapat membuat tulisan terkesan lebay, kecuali memang efek itu yang ingin disampaikan.

Tanda kutip (“…”)

Ketika mengutip perkataan seseorang, pastikan tanda baca selain tanda kutip berada di dalam tanda kutip. Perhatikan tanda baca koma (,) dalam kutipan berikut ini:

“I don’t believe that ghosts exist,” Santus said. –> benar

“I don’t believe that ghosts exist”, Santus said. –> salah

Tanda kurung (…)

Berkebalikan dengan aturan pada tanda kutip, ketika menuliskan sesuatu di dalam tanda kurung dan diikuti oleh tanda baca lain, pastikan tanda baca tersebut berada di luar tanda kurung. Perhatikan contoh dibawah ini:

Osel finally admitted (after several minutes of thinking), he didn’t like the way his bestfriend dealing with problems. –> benar

Osel finally admitted (after several minutes of thinking,) he didn’t like the way his bestfriend dealing with problems. –> salah

Tautan hyperlinks

Tautan juga termasuk dalam penggunaan tanda baca karena masih banyakk yang sering membuat kesalahan seperti ini:

Read more about making cover letters by clicking this link: https://blog.bahaso.com/cara-membuat-cover-letter-dalam-bahasa-inggris-melalui-email (salah)

Read more about making cover letters by clicking this link. (benar)

Nah, itu tadi beberapa aturan tanda baca yang perlu kamu ketahui ketika menulis artikel berbahasa Inggris. Nantikan artikel selanjutnya mengenai beberapa aturan tambahan di topik yang sama.


Ayo Download dan
Tes Kemampuan Bahasa Kamu di BAHASO!


visit our website:
bahaso.com

Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
PlayStore: bit.ly/BahasoAndroid

Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
B: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso
Blog: blog.bahaso.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here