Tips Menulis Artikel Dalam Bahasa Inggris

by on

Hi Learners!! Buat kamu yang suka menulis artikel apalagi dalam Bahasa Inggris, banyak banget hal-hal yang perlu diperhatikan, misalnya tanda baca. Menulis artikel di internet sangat berbeda dengan menulis jurnal akademis. Ada aturan tertentu yang berlawanan dengan apa yang  telah kita pelajari ketika menulis dalam Bahasa Inggris untuk urusan akademis. Jadi menilik lebih dalam Tips Menulis Artikel Dalam Bahasa Inggris akan sangat membantu banget buat kamu yang suka nulis.

Dikutip dari The Content Factory, Tips Menulis Artikel Dalam Bahasa Inggris diawali dengan memperhatikan tanda baca. Berikut adalah tanda baca yang perlu kamu perhatikan saat menulis artikel dalam Bahasa Inggris untuk blog maupun media berbasis internet lainnya.

Semicolons (;)

Jika digunakan dalam penulisan yang bersifat akademis, semicolons berfungsi membantu memperjelas makna dalam kalimat. Namun dalam penulisan artikel di website, dianjurkan untuk menhindari penggunaan tanda baca ini agar tulisan yang kamu buat tidak terlalu terkesan formal dan ‘sok’ banget.

Tanda seru (!)

Tanda baca ini juga perlu kamu hindari karena penggunaannya dapat membuat tulisan terkesan lebay, kecuali memang efek itu yang ingin disampaikan.

Tanda kutip (“…”)

Ketika mengutip perkataan seseorang, pastikan tanda baca selain tanda kutip berada di dalam tanda kutip. Perhatikan tanda baca koma (,) dalam kutipan berikut ini:

“I don’t believe that ghosts exist,” Santus said. –> benar

“I don’t believe that ghosts exist”, Santus said. –> salah

Tanda kurung (…)

Berkebalikan dengan aturan pada tanda kutip, ketika menuliskan sesuatu di dalam tanda kurung dan diikuti oleh tanda baca lain, pastikan tanda baca tersebut berada di luar tanda kurung. Perhatikan contoh dibawah ini:

Osel finally admitted (after several minutes of thinking), he didn’t like the way his bestfriend dealing with problems. –> benar

Osel finally admitted (after several minutes of thinking,) he didn’t like the way his bestfriend dealing with problems. –> salah

Tautan hyperlinks

Tautan juga termasuk dalam penggunaan tanda baca karena masih banyakk yang sering membuat kesalahan seperti ini:

Read more about making cover letters by clicking this link: https://blog.bahaso.com/cara-membuat-cover-letter-dalam-bahasa-inggris-melalui-email (salah)

Read more about making cover letters by clicking this link. (benar)

Nah, itu tadi beberapa aturan tanda baca yang perlu kamu ketahui ketika menulis artikel berbahasa Inggris. Nantikan artikel selanjutnya mengenai beberapa aturan tambahan di topik yang sama.

You may also like