Pengertian Personal Pronoun (Kata Ganti Benda) dan Contohnya

by on

Apakah pronoun? Apa bedanya subjective personal pronoun dan objective personal pronoun? Pada kalimat seperti apa pronoun jenis tersebut dipakai?

Dalam tata bahasa Indonesia, kita tak mengenal banyak kata ganti benda. Untuk menerangkan kembali manusia dalam sebuah kalimat, kita dapat menggunakan “ia” atau “dia”, baik untuk perempuan maupun laki-laki, baik berperan sebagai subyek maupun obyek dalam kalimat tersebut. Untuk menjelaskan kata ganti kepemilikkan, kita mempunya -nya, -ku, -mu, yang biasanya dilekatkan bersama kata benda yang mendahuluinya. Terkadang kata ganti kepemilikkan ini pun sama seperti kata bendanya, seperti mereka dan kalian. Tak ada perubahan yang menerangkan “mereka” sebagai subyek, obyek, maupun kata ganti kepemilikkan.

Berbeda dengan bahasa Inggris, kata benda (noun) memiliki banyak jenis. Pronoun adalah subkelas utama dari noun. Pronoun adalah kata ganti benda. Dalam menulis paragraf, pronoun dipakai untuk menghindari pengulangan penyebutan kata benda.

Notice that things are the dealers registered with. Extensive and may take place over a reasonable time by an medrxdot independent committee and the law of ukraine.

Contoh:

Mira is the smartest girl in her school. She learns and practices a lot.

“She” pada kalimat di atas merujuk pada kata benda subyek yang sama dari kalimat sebelumnya, yakni Mira.

Contoh pronoun di atas masuk ke dalam jenis personal pronoun atau kata ganti orang. Personal pronoun juga terbagi lagi menjadi : kata ganti orang pertama, kedua, ketiga, dan singular (tunggal) dan plural (jamak). Untuk lebih mudahnya lihat tabel berikut :

Kata ganti Singular (tunggal) Plural (jamak)
pertama I we
kedua you you
ketiga he/she/it they

Personal pronoun di atas disebut sebagai subjective personal pronouns yang berfungsi untuk menerangkan kata benda sebagai subyek dalam kalimat. Tata bahasa Inggris juga memiliki personal pronoun yang khusus menerangkan kata benda sebagai obyek dalam kalimat, disebut sebagai objective personal pronouns.

 

Kata ganti

Singular (tunggal)

Plural (jamak)

pertama

me us
kedua you you
ketiga him/her/it them

Contoh:

I broke up with Dany two weeks ago. I haven’t since him ever since.

Mary is too busy these days. Therefore, I always remind her to take her vitamin.

Selain personal pronoun yang sudah dijelaskan, pronoun memiliki banyak jenis lainnya, antara lain : possessive, reflexive, reciprocal, relative, demonstrative, interrogative, dan indefinite. Mempelajari grammar bahasa Inggris sangat menarik, banyak istilah yang perlu kita pahami. Maka itu, baca terus artikel Bahaso dan akan kita bahas semua pronoun yang disebutkan di atas.

visit our website:
bahaso.com
Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp

PlayStore: bit.ly/BahasoAndroid
Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
FB: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso
Blog: blog.bahaso.com

You may also like