Pengertian Descriptive Adjective dan Contohnya

by on

Descriptive adjective, seperti namanya maka adjective (kata sifat) ini fungsinya adalah mendeskripsikan kata benda (noun) yang mengikutinya. Jenis adjective ini adalah kelas yang paling besar dibandingkan dengan jenis lainnya.

Adjective ini biasanya mengekspresikan hal-hal yang dapat dirasai dengan panca indera (suara, rasa, sentuhan, penglihatan, bau). Descriptive adjective sering disebut juga simple adjective, karena adjective ini adalah adjective yang paling sering kita temui dan gunakan. Walaupun sebenarnya sedikit berbeda.

“My” adalah possessive adjective yang memodifikasi noun phrase “perfect imperfection”. “Perfect” adalah descriptive adjective yang memodifikasi kata benda setelahnya, yakni “imperfection”.

 

 

Simple adjective adalah adjective yang kita gunakan untuk mengekspresikan kualitas subyek dalam kalimat, sementara descriptive adjective berfungsi menerangkan kualitas kata benda yang mengikutinya.

Perhatikan contoh berikut :

  1. Oh, that dress is so beautiful
  2. I love looking at that beautiful painting.

“beautiful” pada kalimat 1 adalah simple adjective karena ia menerangkan kualitas that dress yang menjadi subyek dalam kalimat. Sementara itu, “beautiful” pada kalimat 2 adalah descriptive adjective karena ia menerangkan kualitas kata benda setelahnya, yakni “painting”.

Perhatikan lagi contoh di bawah:

  1. That pink t-shirt is my favorite.”Pink” berfungsi sebagai adjective yang menerangkan warna “t-shirt”
  2. Fita wear her long maxi dress to the party.”Long” berfungsi sebagai adjective yang menerangkan ukuran “maxi dress”

 

Mudah bukan memahaminya? Adjective adalah kata-kata yang seringkali kita gunakan dalam percakapan sehari-hari, tapi biasanya kita alpa untuk memahami nama dan jenis-jenisnya. Maka itu, ayo belajar terus bersama Bahaso!

 

 

Referensi:

http://partofspeech.org/kinds-of-adjectives-descriptive-adjectives/

http://grammar.yourdictionary.com/parts-of-speech/adjectives/List-of-Descriptive-Adjectives.html

 

3..

visit our website:
Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
FB: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso

You may also like