Penggunaan Huruf Kapital Dalam Bahasa Inggris

by on

Hi Learners!! Selama kamu Belajar Bahasa Inggris, kamu tau ngga gimana Penggunaan Huruf Kapital Dalam Bahasa Inggris? Misalnya Kenapa ya kita harus menulis kata “I” dengan huruf kapital? Padahal di bahasa kita, Bahasa Indonesia, kata “aku” atau “saya” tidak pernah ditulis dengan huruf awal kapital, kecuali berada di awal kalimat. Anehnya lagi, “pengkapitalisasi” pronoun ini hanya berlaku untuk kata ganti “saya” sebagai subject. Pengkapitalisasian tidak berlaku untuk kata ganti lain sepeti “myself”, “me”, “she”, “he” dan sebagainya. Kenapa ya kira-kira?

Hal ini sebenarnya sangat misterius, bahkan ahli bahasa pun masih memperdebatkan masalah ini. berikut adalah penjelasan tentang Penggunaan Huruf Kapital Dalam Bahasa Inggris, khususnya beberapa teori yang berhasil dikembangkan mengenai huruf kapital “I” ini:

  • Huruf “I” kapital merupakan hasil dari perkembangan bahasa. Dahulu kala, Inggris menggunakan kata ganti dari Jerman “ich” sebagai kata ganti orang pertama. Semakin berkembangnya waktu, kata tersebut mengalami reduksi dari “ich” menjadi “ic” dan kemudian “i”. Bersamaan dengan perubahan itu, masyarakat pada masa itu pun berganti menggunakan “i” menjadi “I”.
  • Huruf “i” menjadi “I” karena alasan linguistik. Menurut para ahli bahasa seperti Charles Bigelow, penulisan kata “i” dalam huruf latin kecil terlihat lemah. Kata yang “lemah” ini lama-lama akan tidak terbaca dalam penulisan tangan karena terlalu kecil. Karena alasan ini kemudian para penulis mulai mengganti huruf “i” dengan “I” adar bisa dibedakan dan terdeteksi di antara kata-kata tinggi lainnya.
  • Beberapa orang menganggap penulisan “I” dalam huruf kapital disebabkan oleh kondisi psikologis orang Inggris. Berawal dari kata “capital” yang berarti kepala, pusat, penting dan arti-arti serupa, orang-orang menganggap bahwa penulis yang menggunakan huruf kapital “I” beranggapan bahwa dirinya adalah sosok yang penting dan perlu diperhatikan. Singkatnya, kata “I” adalah hasil dari egoisme penulis di masa lampau. Akan tetapi, teori ini terbantahkan dengan fakta bahwa kapitalisasi hanya terjadi pada kata yang terdiri dari satu huruf ini. Sedangkan untuk kata ganti yang menunjukkan diri sendiri seperti “me” dan “myself” tidak mengalami kapitalisasi.

Well Learners, begitu lah Penggunaan Huruf Kapital Dalam Bahasa Inggris, khusunya kata “I” yang ditulis dengan huruf kapital. Walaupun orang tidak yakin sepenuhnya bagaimana penulisan ini terbentuk, kata “I” dengan huruf kapital ini tetap digunakan hingga sekarang. Selain itu, Learners tau ngga kalau Kata “Excuse Me” ternyata mempunyai makna yang berbeda-beda loh. Stay tuned terus di Blog Bahaso yaa…

You may also like