Apa itu Cover Letter?

by on

Untuk kamu yang sedang melamar pekerjaan atau pun magang pasti tidak asing dengan istilah satu itu. Tapi apa sih sebenarnya cover letter itu? Seperti apa bentuknya dan seberapa panjang kita harus menulis cover letter?

Sebelum beralih ke jawabannya, kamu perlu lihat contoh cover letter dibawah ini:

taken from iStock

Jadi cover letter merupakan semacam surat pengantar yang harus bin wajib disertakan saat kamu mengirim CV dan/atau resume, kecuali perusahaan secara spesifik meminta untuk tidak mencantumkan cover letter.

Cover letter adalah kunci awal pintu gerbangmu menuju kesuksesan. Kamu harus ekstra teliti dan hati-hati saat menulisnya karena salah-salah, perusahaan tidak akan membaca CV dan resume-mu, apalagi mempekerjakanmu.

Jika kamu dimintai mengirim CV dan Resume melalui email, maka cover letter harus kamu tulis di badan email, kecuali perusahaan meminta cover letter sebagai dokumen terlampir. Jangan pernah mengirim email bisnis hanya dengan lampiran tanpa menyertakan keterangan apa isinya.

Bagaimana bentuk dan isi dari cover letter? Sesuai namanya, cover letter berbentuk seperti halnya surat lain. Isi dari cover letter harus menyertakan hal-hal seperti berikut:

  • Perkenalan diri
  • Posisi atau jabatan yang sedang dilamar
  • Deskripsi ketrampilan dan keahlian diri yang sesuai dengan posisi atau jabatan yang dibutuhkan
  • Sesuatu yang menarik pihak penyeleksi agar mau membaca resume kamu
  • Akhiri dengan ucapan terimakasih dan harapan untuk dipanggil wawancara

Perlu diperhatikan bahwa karena cover letter merupakan rangkuman dari CV dan resume yang terlampir, jangan menulisnya lebih dari satu lembar.

Jika kamu melamar ke lebih dari satu pekerjaan dari bebagai perusahaan, pastikan kamu juga mengganti cover letter-mu ya. Jangan gunakan cover letter yang sama untuk posisi dan jabatan yang berbeda karena tentu saja kemampuan dan keahlian yang dibutuhkan juga berbeda, karena itu kamu harus benar-benar spesifik dalam menyebutkann keahlianmu.

Selalu pastikan tata bahasa dalam cover letter mu juga sempurna. Jangan sampai ada typo atau salah menyebutkan nama karena perusahaan akan cenderung menilai kamu sebagai orang yang tidak teliti.

Untuk post selanjutnya, kita akan bahasa cara-cara menulis cover letter yang benar dalam Bahasa Inggris.

____________________________________________________________________________

sources:

http://www.youthcentral.vic.gov.au/jobs-careers/applying-for-jobs/how-to-write-a-cover-letter

visit our website:
Donwload aplikasi Bahaso:
AppStore: bit.ly/BahasoApp
Follow Sosial Media Bahaso untuk konten lainnya:
FB: (Bahaso) bit.ly/BahasoFB
Twitter: (@Bahaso) bit.ly/BahasoTwitter
Instagram: (@bahasodotcom) bit.ly/BahasoIG
Youtube: (Bahaso) bit.ly/Bahaso