6 Langkah Persiapan Mendaftar Beasiswa

by on

Hayoo, siapa nih yang lagi siap-siap untuk daftar beasiswa? Tenang-tenang, Pandoo akan kasih tahu Learners 6 langkah persiapan untuk mendaftar beasiswa! Seperti yang Learners tahu, beasiswa adalah bantuan biaya untuk pendidikan, jadi sudah pasti persiapannya harus matang. Apalagi kalau beasiswanya ke luar negeri, persiapannya sudah harus dari jauh-jauh hari. Yaudah, langsung saja kita bahas yuk!

  1. Informasi

    Tentu hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari informasi tentang beasiswa yang kamu tuju. Cari selengkap mungkin, mulai dari waktu pendaftaran sampai berkas-berkas yang diperlukan. Jangan sampai kamu ketinggalan satu berkas atau terlewat tanggal pendaftarannya, apalagi kalau waktunya mepet. Usahakan semua berkas sudah lengkap dari jauh-jauh hari sebelum dibukanya tanggal pendaftaran. Kamu juga bisa ikut seminar-seminar tentang beasiswa, Learners, supaya lebih banyak lagi informasi yang kamu dapatkan.

  2. Pengalaman Organisasi

    Selain berkas, tentu pengalaman organisasi juga diperlukan lho, Learners. Jadi dari sekarang Learners coba aja cicil ikut kegiatan-kegiatan organisasi yang berhubungan dengan studi yang Learners inginkan. Di organisasi, kita bisa mengasah kemampuan berkomunikasi dan juga kita bisa bertemu dengan banyak orang yang mempunyai interest yang sama. Jadi selain menambah pengalaman, tentu menambah ilmu juga.

  3. Universitas Tujuan

    Selain cari informasi tentang beasiswa, cari juga informasi tentang universitas tujuan kamu ya, Learners. Apakah studi yang kamu inginkan tersedia di sana dan apakah universitas kamu terdaftar oleh beasiswa yang kamu daftarkan. Bandingkan juga dengan universitas lain, siapa tahu ada jurusan studi yang kamu inginkan di universitas lain dan lebih lengkap. Lihat juga persyaratan yang dibutuhkan oleh universitas yang kamu tuju ya, Learners, jangan sampai ada yang terlewat.

  4. Curriculum Vitae

    Iya, CV juga diperlukan untuk daftar beasiswa lho, Learners! Tapi, make it simple, ya. CV nya jangan terlalu panjang dan bertele-tele, fokuskan saja pada data diri (nama, alamat, nomor telepon), pengalaman kerja dan organisasi, dan pencapaian. Jangan lupa juga untuk mencantumkan penjelasan singkat tentang diri kamu, ya.

  5. Personal Statement

    Ini juga jangan sampai lupa, Learners! Salah satu komponen penting dalam mendaftar beasiswa adalah personal statement. Isi dari personal statement adalah alasan kenapa universitas tersebut harus menerima kamu. Karena yang mengirimkan personal statement itu ribuan orang, pasti tidak mungkin administrasi universitas tersebut akan membaca semua tulisan sampai habis. Jadi, pastikan kalimat awal kamu bisa membuat penasaran sang administrator, ya. Karena dengan kalimat awal yang kuat, pasti akan membuat tulisan kamu menarik untuk dibaca dan memungkinkan kamu untuk diterima.                                                   

  6. TOEFL / IELTS

    Nah, ini yang gak kalah penting! Tentu kalau ingin mendaftar ke universitas di luar negeri, kamu juga harus bisa berbahasa asing dong? Nah, untuk universitas di Eropa, tolak ukur mereka untuk menerima siswa siswi dari seluruh dunia adalah dengan sertifikat TOEFL atau IELTS. Kalau Learners belum tahu seperti apa bentuk TOEFL atau tes IELTS, Learners bisa belajar di Bahaso Preparation Classes! Untuk saat ini, Bahaso sedang buka registrasi untuk Bahaso TOEFL Preparation Online Class, lho!

Kamu akan dibimbing oleh tutor yang sudah berpengalaman dengan TOEFL, jadi kamu akan diberikan tips dan trik tentang TOEFL langsung dari pakarnya. Ohiya, kelas persiapan ini juga online lho! Jadi kamu gak perlu repot lagi membagi waktu untuk macet-macetan di jalan menuju tempat bimbingan, karena Bahaso Preparation Online Class ini bisa diakses di mana saja dan kapan saja!

Untuk lebih lanjutnya, kamu bisa langsung kunjungi bahaso.com/class ya. We will see you soon, Learners! Good luck!

You may also like